Minum Es Saat Menyusui, Apakah Aman?

DokterSehat.Com – Proses menyusui adalah proses yang sangat penting bagi tumbuh kembang sang anak. Dengan mengkonsumsi ASI eksklusif, maka anak bisa mendapatkan gizi terbaik untuk perkembangan tubuh, otak, hingga saraf-sarafnya. Bayi yang baru lahir sebaiknya hanya mengkonsumsi susu sebagai makanannya sehingga perkembangannya bisa sangat baik dan sehat. Hal ini berarti, ibu pun harus memperhatikan makanan apa saja yang Ia konsumsi karena bisa setiap makanan yang Ia konsumsi akan diserap juga oleh sang bayi melalui ASI.

doktersehat-menyusui-ibu-hamil

Ada sebuah mitos di masyarakat dimana sebaiknya ibu tidak mengkonsumsi air dingin atau air es saat menyusui. Apakah hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi sang buah hati? Jawabannya ternyata adalah tidak, ibu tetap bisa mengkonsumsi air dingin atau air es selama masa menyusui dan sang buah hati tetap dalam kondisi yang sehat. Mitos ini berkembang di masyarakat karena adanya anggapan bahwa es yang dikonsumsi oleh ibu bisa membuat pilek bagi sang anak. Hal ini tentu saja dibantah langsung oleh banyak pakar kesehatan mengingat tidak ada kaitan sama sekali antara konsumsi es dengan penyebab flu pada bayi. ASI yang dikonsumsi oleh bayi adalah hasil dari penyerapan nutrisi makanan oleh sang ibu sehingga tentu sang bayi tidak serta merta akan mengkonsumsi minuman dingin tersebut melalui ASI. Susu yang dikonsumsi bayi tetaplah susu yang sama jika ibu mengkonsumsi makanan lainnya.

Sebanyak apapun minuman dingin atau minuman es yang dikonsumsi ibu, ASI yang diproduksi tetaplah dalam kondisi yang hangat sehingga sang bayi pun tidak akan terkena masalah pilek karena meminum ASI ini. Andai bayi terkena pilek, maka hal ini dikarenakan sebab lain di luar konsumsi ASI tersebut. Hal ini berarti, ibu hamil bisa dengan bebas mengkonsumsi es krim atau air es jika memang menginginkannya. Hanya saja, ibu hamil juga harus memastikan bahwa Ia mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga ASI yang diproduksinya penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati untuk tumbuh dan berkembang.