Minum Alkohol Saat Hamil Bisa Berimbas Buruk Bagi Pembentukan Wajah Bayi

DokterSehat.Com – Ada alasan mendasar mengapa ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan janinnya, sebuah penelitian terbaru bahkan menyebutkan jika konsumsi alkohol saat hamil bisa berimbas buruk bagi pembentukan wajah bayi di dalam kandungan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Adalah pakar kesehatan Evelyne Muggli yang berasal dari Murdoch Children’s Research Institute yang melakukan penelitian ini. Menurut beliau, konsumsi alkohol saat hamil, meskipun dalam jumlah yang sedikit ternyata bisa mempengaruhi pembentukan wajah bayi, baik itu dalam hal bentuk mata, bentuk hidung, hingga bibir bayi. Bahkan, Evelyne menyebutkan jika wajah bayi bisa saja terlahir dengan bentuk yang abnormal dan terkait dengan keterlambatan atau gangguan pada tumbuh-kembangnya.

Evelyne sendiri cukup terkejut dengan hasil penelitiannya mengingat konsumsi alkohol yang Ia perhitungkan dalam penelitian ini sebenarnya cukup rendah, yakni tidak sampai 2 gelas per hari atau 7 gelas setiap minggunya. Ia sendiri kemudian mengaitkan konsumsi alkohol tersebut dengan bentuk wajah dari 415 bayi dengan usia 1 tahun dan membandingkannya dengan aplikasi khusus yang mampu menganalisa wajah secara 3 dimensi.

Hasil dari analisa ini menunjukkan fakta bahwa ibu yang mengkonsumsi alkohol selama kehamilan akan membuat bayi terlahir dengan bentuk hidung dan mata yang cenderung lebih kecil dan mencekung. Bahkan, jika ibu terus mengkonsumsinya setelah trimester pertama kehamilan, dagu anak juga akan berbeda dari bayi pada umumnya. Menurut Evelyne, perbedaan pada wajah ini terkait dengan masalah kesehatan bernama fetal alcohol spectrum disorder, sebuah gangguan tumbuh kembang pada bayi yang disebabkan oleh konsumsi alkohol selama kehamilan. Tak hanya membuat perubahan pada wajah, penyakit ini bisa membuat gangguan otak sehingga bayi akan kesulitan belajar berbicara, cenderung memiliki fungsi kognitif yang rendah, dan beresiko tinggi terkena gangguan mental saat tumbuh dewasa.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya ibu hamil memang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol demi perkembangan dan kesehatan buah hatinya.