Minum Air yang Banyak dapat Membantu Diet, Benarkah?

DokterSehat.Com – Berbagai cara dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan termasuk dalam hal makanan yang dikonsumsi. Bukan hal yang jarang, banyak orang ingin mengurangi kalori yang masuk dalam tubuh dan memperbaiki pola makan untuk menjaga kesehatan. Studi terbaru mengemukakan bahwa mereka yang ingin mengurangi kalori yang masuk dapat mempertimbangkan untuk minum lebih banyak air.

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Pengaruh minum air putih dalam diet adalah sama terhadap ras/etnis, edukasi, tingkat pendapatan, dan status massa tubuh. Peneliti menguji kebiasaan makan pada lebih dari 18.300 dewasa yang mengambil bagian dalam studi yang dilakukan pemerintah AS. Peserta melaporkan semua makanan dan minuman yang mereka konsumsi selama 10 hari.

Peneliti menghitung jumlah air yang diminum tiap orang. Teh dan kopi dimasukkan dalam total air yang dikonsumsi tetapi tidak dihitung sebagai air putih. Hasil didapatkan rata-rata peserta mengkonsumsi empat gelas air putih sehari. Penelitian tersebut menemukan, bahwa mereka yang menambahkan satu, dua maupun tiga gelas air sehari dari berbagai sumber seperti botol, pendingin, atau dispenser, mengkonsumsi 68 hingga 205 kalori lebih rendah dalam sehari. Asupan natrium mereka juga menurun yaitu 78-235 gram.

Konsumsi gula juga lebih rendah pada mereka yang mengkonsumsi lebih banyak air. Gula yang dikonsumsi turun 5-18 gram, dan asupan kolesterol harian juga turun lebih dari 21 gram berdasarkan studi tersebut.

Efek positif dari meningkatkan konsumsi air terlihat paling jelas pada pria maupun dewasa muda dan usia paruh baya. Peneliti mencatat pada kelompok tersebut cenderung lebih banyak mengkonsumsi kalori setiap harinya, sehingga dapat membantu menjelaskan perbedaan ini.

Mengkonsumsi air putih yang banyak dalam sehari selain murah juga ternyata memberikan efek yang baik bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan asupan kalori, kolesterol, gula. Namun kadang, minum air putih menjadi sulit pada jaman saat ini karena banyak sekali inovasi minuman baru yang ditawarkan sangat menggiurkan baik dari segi rasa maupun bentuk. Kesadaran diri untuk minum air putih terutama bagi kelompok berisiko sangatlah diperlukan.