Minum Air Putih Untuk Mencegah Munculnya Penyakit Flu

DokterSehat.Com – Belakangan ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia mengabarkan akan adanya cuaca ekstrim yang melanda tanah air. Memang, cuaca yang ekstrim telah menjadi hal yang cukup normal untuk kita dapatkan setiap tahunnya. Sayangnya, kondisi cuaca yang semakin tidak menentu ternyata bisa membuat kita mengalami sakit flu. Flu kerap kali dianggap sebagai penyakit yang sepele karena obatnya bahkan bisa didapatkan di warung-warung terdekat. Namun, jangan salah, penyakit yang tidak mengenal usia dan jenis kelamin ini bisa menjadi penyakit yang sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Lantas, adakah cara untuk mencegah munculnya penyakit flu ini?

doktersehat-sakit-minum-obat

Dilansir dari laman berita Dailymail, flu ternyata tidak hanya membuat kita batuk dan pilek, namun bisa menurunkan sistem pertahanan tubuh dan membuat kita terserang penyakit lain yang berbahaya. Pakar kesehatan khusus telinga hidung tenggorokan (THT) yang berasal dari Amerika Serikat bernama dr. David Lewis mengungkapkan jika cara paling efektif untuk mencegah munculnya penyakit ini ternyata sangatlah mudah, yakni dengan air putih. Menurut dr. Lewis, minum air putih dengan banyak diketahui bahkan mampu menyembuhkan penyakit flu.

Menurut dr. Lewis, air putih ternyata memiliki kandungan alami yang sangat baik dalam membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih baik dan peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini berarti selain bisa semakin baik menangkal virus dan bakteri penyebab flu, jika kita sudah terserang flu, maka kita pun bisa mengeluarkan virus dan bakteri ini dengan lebih cepat.

Sebuah penelitian yang melibatkan 2.000 responden menunjukkan sebuah fakta menarik dimana mereka yang kekurangan cairan tubuh akan cenderung lebih mudah terserang flu. Kelompok yang hanya mengkonsumsi air putih 3-5 gelas saja per harinya akan jauh lebih rentan terkena penyakit ini jika dibandingkan dengan kelompok yang rutin meminum air putih 8 gelas atau lebih setiap harinya. Jadi, jangan lupa untuk banyak minum air putih agar tidak mudah terkena flu, ya guys!