Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Ternyata Sangat Menyehatkan

DokterSehat.Com – Saat kita bangun tidur, kita biasanya akan merasa haus sekaligus ingin buang air kecil dengan segera. Waktu tidur yang lama akan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi dan pada akhirnya otak memberikan sinyal berupa rasa haus akan air putih. Ada baiknya kita segera memberikan asupan air putih, bukan air yang lain dengan segera sehingga rasa haus pun segera hilang. Selain akan membuat tubuh terhidrasi kembali, terdapat banyak sekali kebaikan yang akan kita dapatkan jika kita meminum air putih setelah bangun tidur.

7190209429_529e3f07ca_o

Saat kita bangun tidur dan ingin meminum air putih, cobalah untuk meminum air putih dalam posisi duduk, bukan berdiri, apalagi jongkok. Selain itu, cobalah untuk meminum air putih tidak terlalu banyak meskipun anda merasa sangat haus. Satu hingga dua gelas air putih sangatlah direkomendasikan mengingat jumlah air yang lebih banyak bias membuat kinerja jantung sangat berat. Dengan meminum air putih setelah bangun tidur, kita ikut membuat ginjal terjaga kesehatannya. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat kinerja ginjal tidak terlalu berat sehingga tidak mudah rusak.

Selain ginjal, beberapa organ tubuh lain juga akan mendapatkan kebaikan dari kebiasaan langsung mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur. Sebagai contoh adalah limpa. Sistem limpa pada tubuh ternyata juga ikut terjaa keseimbangannya jika kita menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang setelah bangun tidur. Selain itu, organ usus besar juga akan menjadi lebih sehat dalam melakukan proses pencernaan pada makanan jika kita menjaga kadar cairan di dalam tubuh.

Dengan meminum air setelah bangun tidur, kita juga akan membuat tubuh menjadi lebih baik dalam membersihkan racun di dalamnya. Jika dibiarkan, racun ini akan menyebar ke seluruh tubuh dan juga permukaan kulit melalui peredaran darah. Asupan air putih akan membuat detoksifikasi ini berjalan dengan lancer dan pada akhirnya tampilan kulit pun menjadi lebih sehat dan tidak lagi kusam.