Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Memberikan Begitu Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Saat kita bangun tidur, kita biasanya akan mengalami rasa haus sehingga akan bergegas untuk mencari air minum. Pakar kesehatan menyebutkan jika rasa haus ini adalah mekanisme alami tubuh karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan apapun selama tidur malam. Namun, tahukah anda jika kita segera minum air putih setelah bangun tidur dan perut dalam kondisi kosong ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh? Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Membuat racun segera terbuang dari tubuh
Setelah kita minum air putih setelah bangun tidur dan dalam kondisi perut yang kosong, maka sistem pencernaan tubuh pun akan kembali aktif. Saat tidur malam, tubuh melakukan proses pembersihan dan perbaikan sel-sel tubuh sekaligus mengeluarkan berbagai racun. Adanya asupan air putih ini akan membantu proses pembuangan racun tersebut sehingga tubuh pun akan terasa jauh lebih segar. Selain itu, dengan adanya asupan air putih, maka produksi sel-sel otot dan sel-sel darah yang baru akan lebih lancar.

Membuat sistem metabolisme meningkat
Pakar kesehatan menyebutkan jika minum air putih setelah bangun tidur bisa segera meningkatkan sistem metabolism tubuh hingga 24 persen. Alhasil, sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar dan usus pun akan menjadi lebih bersih. Selain membuat buang air besar menjadi lebih lancar, usus juga akan lebih baik dalam menyerap berbagai nutrisi baik dalam makanan.

Mengatasi masalah pencernaan
Andai kita mengalami peningkatan kadar asam pada perut yang membuat perut tidak nyaman, maka kita bisa mengatasinya dengan minum air putih di pagi hari. Dengan adanya air putih, maka kadar asam ini akan ikut terlarut dalam air dan kita pun tidak akan mengalami masalah pencernaan ini.

Baca Juga:  Jangan Sepelekan Cacar Air yang Terjadi di Usia Dewasa

Menjaga kesehatan ginjal
Dengan meminum setidaknya 500 cc air putih saat bangun tidur dan dalam kondisi perut yang masih kosong, maka kita akan lebih baik dalam mencegah masalah batu ginjal dan infeksi pada kandung kemih.

Menjaga kesehatan kulit
Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, maka aliran darah pada kulit juga akan menjadi lebih lancar dan hal ini bisa berimbas pada semakin membaiknya kesehatan kulit kita.