Minum Air Kelapa Setiap Hari Ternyata Menyehatkan

DokterSehat.Com – Salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang adalah air kelapa. Minuman yang memiliki sensasi rasa yang enak dan segar ini seringkali dikonsumsi saat siang hari atau saat suhu udara sedang panas-panasnya. Tak hanya menyegarkan, air kelapa juga dianggap sebagai salah satu minuman yang bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan tertentu.

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

Di dalam air kelapa, kita bisa menemukan kandungan seperti antioksidan, asam amino, vitamin B kompleks, vitamin C, mineral layaknya zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan potassium, serta enzim yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika kita meminumnya setiap hari, maka kita pun akan mendapatkan manfaat seperti sebagai berikut.

Menurunkan tekanan darah
Kandungan potassium, magnesium, dan vitamin C dalam air kelapa ternyata bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Kandungan potasium-lah yang mampu menangkal efek buruk dari sodium sehingga tekanan darah pun bisa diturunkan.

Membuat jantung menjadi lebih kuat
Air kelapa yang tidak dicampur apapun seperti gula atau sirup ternyata bebas lemak dan bebas dari kandungan kolesterol jahat. Mengkonsumsinya secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga akan membuat jantung lebih terlindungi sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Mengobati sakit kepala
Sebagian sakit kepala atau migrain ternyata disebabkan oleh dehidrasi kekurangan asupan air. Dengan meminum air kelapa, kita bisa mengembalikan kadar air dan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan magnesiumnya juga mampu mengatasi masalah migrain.

Mengatasi mabuk
Mereka yang mabuk karena mengkonsumsi minuman beralkohol akan mengalami kondisi dehidrasi yang sangat parah pada tubuh. Hal ini akan membuat mereka mengalami efek mabuk yang sangat parah di pagi hari. Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka tubuh akan kembali mendapatkan elektrolit dan mengembalikan hidrasi sehingga tubuh pun akan merasa lebih baik.