Minum Air Kelapa Muda dan Bubur Kacang Hijau Saat Hamil Bisa Membuat Rambut Bayi Lebat?

DokterSehat.Com – Setiap ibu yang sedang hamil tentu akan berusaha untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan tubuhnya demi menjaga perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Tak hanya banyak beristirahat atau mengkonsumsi makanan yang bergizi, banyak ibu hamil yang juga mengikuti saran-saran yang sebenarnya lebih mirip layaknya mitos yang belum tentu bisa dipastikan kebenarannya.

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

Salah satu contoh mitos yang cukup sering kita dengar dan banyak dilakukan oleh ibu hamil adalah mengkonsumsi air kelapa muda atau bubur kacang hijau saat hamil. Tujuan dari konsumsi kedua makanan yang enak dan sehat ini adalah agar rambut bayi yang akan dilahirkan nantinya lebat dan hitam. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan Leona Victoria Djajadi, MND yang merupakan pakar kesehatan gizi dari University of Sydney menyebutkan jika hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa bubur kacang hijau atau air kelapa bisa membuat rambut bayi di dalam kandungan menjadi lebih lebat. Selain itu, mitos lainnya yang menyebutkan bahwa konsumsi makanan pedas atau kaya akan cabai bisa membuat rambut bayi menjadi tipis juga tidak benar adanya.

Meskipun tidak terbukti mampu membuat rambut bayi menjadi lebih lebat, bubur kacang hijau dan air kelapa termasuk dalam makanan yang kaya akan nutrisi sehat, khususnya vitamin dan mineral. Hal ini berarti, konsumsi kedua makanan ini jelas direkomendasikan bagi ibu hamil. Sebagai informasi, di dalam kacang hijau kita bisa menemukan vitamin E, serat, karbohidrat yang sehat, hingga lemak tak jenuh yang bisa membantu perkembangan otak janin dengan maksimal.

Melihat adanya fakta ini, kita bisa menyimpulkan bahwa konsumsi bubur kacang hijau atau air kelapa memang tidak bisa memberikan pengaruh besar bagi perkembangan rambut bayi, namun, bisa memberikan pengaruh positif bagi kesehatan dan perkembangan bayi di dalam kandungan secara keseluruhan.