Apa Itu Mimpi Basah Pada Pria?

DokterSehat.Com – Banyak pria yang baru saja mengalami masa pubertas akan mengalami sebuah kondisi dimana saat terbangun, Ia akan mendapati celananya basah dengan cairan yang cenderung lengket. Beberapa remaja pria akan terheran-heran karena mereka sebenarnya tidak mengompol saat tidur. Kondisi ini biasanya disebabkan karena remaja pria baru saja mengalami mimpi basah.

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

Mimpi basah biasanya memang lebih sering muncul pada masa pubertas pada remaja pria, pakar kesehatan sendiri berkata jika mimpi basah adalah kondisi emiso nocturnal yang berarti remaja pria akan melakukan pelepasan atau ejakulasi di malam hari di kala tidur. Ejakulasi ini mencakup air mani, cairan yang juga melingkupi sperma yang akan keluar dari organ intim pria. Biasanya, pria akan mengalami sensasi atau mimpi dimana Ia sedang berhubungan intim dengan seseorang dan berakhir dengan ejakulasi secara tidak sadar di waktu tidur.

Penyebab mimpi basah sendiri adalah adanya produksi hormon testosteron yang terjadi pada masa pubertas. Dengan adanya hormon testosteron, maka remaja pria pun sudah memiliki kemampuan untuk mengeluarkan sperma dari organ vital dan bisa membuahi sel telur pada wanita di kemudian hari. Cairan mani yang terkumpul pada tubuh yang tidak dikeluarkan pun akan membuat tubuh mencoba untuk melepaskannya dengan cara mimpi basah. Jadi, mimpi basah sebenarnya adalah hal yang sangat wajar terjadi pada pria dan bahkan beberapa remaja pria mengaku bisa mengalaminya cukup sering meskipun banyak orang yang mengaku hanya mengalami mimpi basah sesekali saja seumur hidupnya.

Ada beberapa pria yang tidak pernah mengalami mimpi basah dan bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan kondisi tubuh mereka. Namun, pakar kesehatan justru berkata jika hal ini adalah hal yang normal dan tidak ada hal yang salah pada organ vital anda. Selain itu, wanita juga bisa mengalami orgasme selama bermimpi dan juga mengalami mimpi basah meskipun frekuensinya cenderung jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan yang dialami oleh pria.