Kerap Mimisan Menandakan Hipertensi?

doktersehat-Penyebab-Mimisan-pada-Orang-Dewasa
Photo Credit: Flickr.com/ Francesca D'Alessandro

DokterSehat.Com– Salah satu gejala kesehatan yang bisa membuat kita khawatir adalah mimisan, apalagi jika mimisan ini cukup sering terjadi. Meskipun akan hilang dengan sendirinya, ada baiknya kita tidak menyepelekan mimisan karena bisa jadi adalah tanda dari masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sebenarnya, mimisan memang tidak selalu terkait dengan masalah tekanan darah tinggi. Bahkan, kasus mimisan yang terkait dengan masalah kesehatan ini cenderung tidak sering terjadi. Menurut pakar kesehatan, penyebab utama mimisan bisa dibagi menjadi dua, yakni pecahnya pembuluh darah di bagian depan hidung dan pecahnya pembuluh di bagian belakang hidung.

Mimisan yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah di hidung bagian depan bisa jadi dipicu oleh tekanan berlebihan pada hidung layaknya saat kita mengeluarkan kotoran atau ingus dengan keras. Sementara itu, jika memang mimisan ini terkait dengan masalah tekanan darah tinggi, maka pembuluh darah yang pecah adalah yang ada di bagian belakang hidung dengan gejala berupa darah yang sangat banyak keluar dan sakit kepala atau pusing.

Biasanya, mimisan terjadi pada mereka yang sudah lama memiliki riwayat tekanan darah tinggi namun tidak benar-benar rutin minum obat atau melakukan perawatan demi mengatasi masalah tekanan darahnya. Yang menjadi masalah adalah, tak hanya memicu mimisan, tekanan darah tinggi yang tak diobati bisa memicu dampak yang lebih serius seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, atau stroke.

Melihat adanya fakta ini, jika kita kerap mengalami mimisan tanpa gejala yang jelas, ada baiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mengetahui apakah penyebabnya adalah masalah tekanan darah tinggi atau masalah lainnya. Jika iya, minumlah obat penurun tekanan darah secara teratur agar tubuh tidak mengalami dampak yang jauh lebih buruk bagi kesehatan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik