Mimisan – Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya mimisan.

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mecegah terjadinya mimisan:

  • Kebanyakan mimisan terjadi selama udara yang kering. Jika Anda rentan terhadap mimisan, gunakan pelembab di rumah Anda. Gunakan petroleum jelly (Vaseline), atau semprot hidung saline untuk menjaga hidung Anda lembab.
  • Hindari mengupil atau membuang ingus terlalu keras.
  • Jika mimisan tersebut terkait dengan kondisi medis lain, seperti penyakit hati, alergi hidung, atau kondisi sinus kronis, ikuti petunjuk dokter agar masalah dapat terkontrol.
  • Berhenti merokok. Merokok memberikan kontribusi untuk hidung kering dan iritasi.

Mimisan di Kemudian Hari
Dengan perawatan yang tepat, orang sembuh dari mimisan tanpa efek jangka panjang. Apabila telah mengalami mimisan berikut adalah langkah yang harus diperhatikan:

  • Kebanyakan orang dapat pulang dari kantor dokter atau gawat darurat rumah sakit setelah pengobatan untuk mimisan. Jika kemasan hidung telah ditempatkan, jangan mencoba untuk mengambil kemasan sendiri. Anda perlu dievaluasi lagi oleh dokter, biasanya dalam satu sampai tiga hari, pada saat kemasan akan diambil.
  • Cobalah untuk menghindari iritasi lebih lanjut dari hidung. Jangan meniup hidung Anda (aktivitas seperti membuang ingus). Cobalah untuk tidak bersin atau batuk, jika memungkinkan. Hindari aktivitas berat, seperti mengangkat beban berat atau olahraga yang terlalu melelahkan.
  • Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak mengkonsumsi obat yang dapat mengganggu pembekuan darah normal. Obat-obat ini termasuk aspirin atau obat anti-inflamasi seperti ibuprofen (Motrin atau Advil) atau naproxen (Aleve atau Naprosyn). Jika Anda mengkonsumsi obat ini untuk kondisi medis yang kronis, konsultasikan dengan dokter Anda tentang apa yang harus dilakukan. Parasetamol (panadol) dapat dikonsumsi untuk demam atau sakit.
Baca Juga:  Hal Ini Juga Bisa Sebabkan Mimisan

Jika terdiagnosis suatu penyakit lain yang menyebabkan pendarahan, prognosis tergantung pada penyakit yang mendasari mimisan tersebut.