Mimisan – Penanganan Mimisan Anterior dan Posterior

Pengobatan untuk penderita mimisan adalah dibedakan antara mimisan anterior dan posterior.

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Pengobatan untuk Mimisan Anterior:

  • Mimisan minoryang telah berhenti mungkin tidak memerlukan pengobatan sama sekali. Sering, tubuh akan membentuk gumpalan di lokasi perdarahan yang berhenti setiap perdarahan lebih lanjut.
  • Jika sumber perdarahan adalah pembuluh darah yang mudah dilihat, dokter mungkin membakar itu (menutup pembuluh darah) dengan bahan kimia yang disebut perak nitrat. Kauterisasi paling efektif ketika pendarahan datang dari bagian paling depan dari hidung.
  • Dalam kasus yang lebih rumit, kemasan hidung mungkin diperlukan untuk menghentikan pendarahan. Idenya adalah untuk memberikan tekanan dari dalam lubang hidung untuk menghentikan pendarahan. Banyak jenis kemasan yang tersedia, mulai dari kain kasa petroleum (Vaseline) sampai dengan paket balon dan paket spons sintetis yang mengembang saat dibasahi. Keputusan ini biasanya dibuat oleh dokter.
  • Kebanyakan orang yang menerima nasal packing anterior akan membawa pulang pack nya itu dalam hidungnya. Karena kemasan pack ini memblokir jalur drainase sinus, antibiotik dapat mulai untuk mencegah infeksi sinus. Pack ini biasanya dipasang selama 24-72 jam.

Pengobatan untuk Mimisan Posterior:

  • Mimisan posterior ketika pendarahan dari hidung tidak berhenti sendiri membutuhkan masuk ke rumah sakit. Kemasan hidung posterior diperlukan. Berbagai jenis kemasan yang tersedia, meskipun paket balon paling sering digunakan.
  • Tidak seperti kemasan hidung anterior, kemasan hidung posterior sangat tidak nyaman dan sering memerlukan obat penenang dan obat nyeri. Komplikasi terkait dengan paket ini, termasuk infeksi dan penyumbatan pada saluran pernapasan. Perawatan di rumah sakit dan pemantauan ketat diperlukan.
  • Kemasan posterior biasanya dipasang selama 48 – 72 jam. Jika ini tidak menghentikan pendarahan, prosedur bedah atau radiologis dapat dilakukan.