Mimisan – Definisi dan Klasifikasi

Mimisan, dalam medis disebut dengan epistaksis adalah perdarahan dari lubang hidung yang dapat terjadi akibat sebab lokal (penyebab berasal dari hidung itu sendiri, seperti pukulan atau benturan) atau sebab umum (kelainan sistemik misal kelainan pada struktur pembekuan darah). Epistaksis atau mimsan bukan suatu penyakit, melainkan gejala.

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Mimisan bisa menjadi dramatis dan menakutkan karena melihat darah yang keluar melalui hidung. Untungnya, sebagian besar mimisan tidak serius dan dapat ditangani dengan cukup mudah. Mimisan dibagi menjadi dua jenis, tergantung pada apakah perdarahan itu berasal dari anterior (bagian hidung depan) atau posterior (bagian hidung belakang).

  • Mimisan Anterior terjadi pada lebih dari 90% dari semua mimisan. Pendarahan biasanya berasal dari pembuluh darah di bagian paling depan dari hidung yang disebut dengan pleksus kieselbach. mimisan anterior biasanya mudah untuk diatasi, baik dengan tindakan yang dapat dilakukan di rumah atau oleh dokter.
  • Mimisan Posterior jauh lebih jarang daripada mimisan anterior. Mereka cenderung terjadi lebih sering pada orang lanjut usia. Perdarahan biasanya berasal dari arteri di bagian belakang hidung. mimisan ini lebih rumit dan biasanya membutuhkan perawatan di rumah sakit dan manajemen oleh otolaryngologist (spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan).

Mimisan cenderung terjadi selama bulan-bulan yang sangat panas atau sangat dingin dan udara yang kering. Mimisan dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi pada anak usia 2 sampai 10 tahun dan orang dewasa berusia 50 sampai 80 tahun.

Penyebab Mimisan
Cedera pada hidung adalah penyebab tersering untuk memicu mimisan. Cedera hidung, seperti pukulan ke wajah, atau cedera di dalam hidung, seperti mengupil yang terlalu bersemangat atau iritasi karena udara yang justru terlalu dingin, mampu menyebabkan mimisan.

Baca Juga:  Apakah Mimisan Bisa Sebabkan Kematian?

Penyebab yang kurang sering, yaitu adanya proses penyakit yang mendasari, seperti ketidakmampuan darah untuk membeku, dapat menyebabkan pendarahan. Ketidakmampuan darah untuk membeku yang paling sering disebabkan oleh obat pengencer darah seperti warfarin (Coumadin) atau aspirin. Penyakit hati juga bisa mengganggu pembekuan darah. pembuluh darah abnormal atau kanker pada hidung adalah penyebab langka mimisan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan perdarahan, tetapi hampir tidak pernah menjadi satu-satunya alasan untuk mimisan.