Milkshake, Minuman Nikmat yang Cocok Untuk Program Diet

DokterSehat.Com – Milkshake atau yang juga disebut sebagai susu kocok adalah salah satu minuman yang banyak disukai oleh siapa saja, baik itu anak-anak atau bahkan orang dewasa. Minuman yang biasanya terasa manis ini sangat nikmat untuk dikonsumsi, sekaligus bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Tahukah anda, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Wageningen University di Negeri Kincir Angin, Belanda, menyebutkan jika konsumsi milkshake ternyata juga dapat memberikan dampak positif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

shutterstock_258710540 copy

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 15 orang pria dengan indeks massa tubuh rata-rata 22,6. Sebagai informasi, indeks massa tubuh tersebut adalah normal mengingat masih di rentang 18,5–24 yang sehat. Para partisipan ini diminta untuk mengkonsumsi milkshake dengan variasi jenis yang berbeda-beda, baik itu kental ataupun encer, setelah sarapan. Kandungan kalori dalam milkshake pun bervariasi dari 100 hingga 500 kalori, meskipun semua milkshake diketahui memiliki kandungan gizi yang setara, yakni 50 persen berupa karbohidrat, 30 persen berupa lemak, dan sisanya adalah protein. Setelah habis diminum, pria-pria ini kemudian dipindai MRI nya untuk mengetahui seberapa cepat perut kosong kembali sebelum waktu makan siang tiba.

Dari hasil pemindaian MRI, didapati fakta bahwa pria yang mengkonsumsi milkshake dengan tekstur yang encer dan jumlah kalori yang lebih rendah akan cenderung lebih cepat mengosongkan perutnya. Perjalanan cairan yang ada pada perut hingga ke area usus halus hanya akan membutuhkan waktu 26,5 menit. Hal ini kontras dengan waktu 82 menit bagi mereka yang mengkonsumsi milkshake kental dan kaya kalori. Uniknya, pria yang mengkonsumsi milkshake 100 kalori justru lebih cepat merasa kenyang jika dibandingkan dengan pria yang mengkosnsumsi milkshake 500 kalori.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Parkinson

Dengan adanya fakta ini, pakar kesehatan sangat menyarankan mereka yang ingin menurunkan berat badan untuk mengkonsumsi milkshake kental namun rendah kalori. Tujuannya tentu adalah agar mereka bisa merasa kenyang lebih lama dan membuat mereka tidak makan berlebihan, yang tentu akan membantu program penurunan berat badan.