Miliki Kulit Kering? Yuk, Baca Tips di Bawah Ini

DokterSehat.Com – Memiliki kulit kering, atau yang dalam istilah medis disebut xerosis, sebenarnya bukanlah sebuah masalah kesehatan yang serius namun dapat sedikit mengganggu dan menimbulkan rasa nyaman, bahkan dapat menimbulkan perasaan tertekan bagi sang pemilik.
Kulit kering sering kurang mendapat perhatian dan pasien biasanya tidak mencari nasihat dari konsultan hingga beberapa tahun kemudian. Kulit kering biasanya dialami oleh orang tua, hal ini karena dengan bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis dan kemampuan untuk menjaga kelembaban semakin berkurang. Kekeringan pada kulit dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, dan permukaan depan samping dari tungkai bawah merupakan tempat yang paling sering. Tempat lainnya yang juga sering adalah lengan atas, tangan, perut, punggung.

doktersehat-bibir-wajah-muka

Lalu, bagaimana tips menghadapi kulit kering?

  1. Jangan mandi terlalu lama dan Kurangi mandi dengan air panas. Mandi dengan air panas dapat mengelupas minyak yang ada dalam kulit lebih cepat ketimbang air hangat. Terlalu lama mandi dapat menyebabkan kulit juga menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda menjadi 5 hingga 10 dengan menggunakan air hangat.
  2. Gunakan pembersih yang lembut atau sabun dengan kandungan moisturizer
  3. Gunakan moisturizer ketika kulit masih dalam keadaan lembab. Keringkan kulit Anda dengan handuk setelah mandi atau mencuci muka, biarkan agak basah. Kemudian aplikasikan pelembab/ moisturizer dalam 3 hingga 5 menit agar kelembaban terjaga.

Memilih moisturizer

Banyak sekali produk moisturizer yang saat ini ditawarkan. Sangatlah penting membaca label kandungan yang dapat membantu kulit kering antara lain:

  1. Kandungan ini membantu kulit untuk menahan air dalam kulit dan menjaga kelembaban kulit.
  2. Dimethicone dan gliserin, kedua kandungan ini membantu menarik air ke lapisan kulit dan menjaga agar tetap disana.
  3. Asam hyaluronic, kandungan ini membantu untuk menahan air agar tetap di kulit
  4. Lanolin dan petroleum jelly, kandungan ini membantu kulit menahan air agar terserap selama mandi.
  5. Jangan lupakan juga untuk mengaplikasikan sunscreen pada daerah yang terpapar sinar matahari. Carilah produk sunscreen dengan SPF 30 atau lebih.
Baca Juga:  Apa itu Sakit Maag ?

Selain tips diatas, yang tidak boleh dilupakan juga adalah mengubah pola hidup yang salah. Minum air yang cukup, mengkonsumsi makanan kaya akan omega 3 dapat berguna bagi kesehatan kulit. Asam lemak esensial dapat membantu mempertahankan minyak alami kulit. Bila semua langkah diatas telah ditempuh, namun kulit tetap kering bahkan hingga terjadi inflamasi kemerahan, sebaiknya segera berkonsultasi ke ahlinya agar dapat diberikan penanganan yang tepat sesuai keadaan kulit.