Migrain Ternyata Bisa Disebabkan Oleh Hal-Hal Yang Sederhana

DokterSehat.Com – Saat migrain atau sakit kepala sebelah menyerang, kepala kita akan terasa sangat pusing, sakit dan bahkan terkadang bisa membuat kita kesulitan melakukan berbagai macam aktifitas. Beberapa kasus migrain tercatat bahkan mencapai 48 jam lamanya sehingga penderitanya tentu akan sangat menderita. Selain sakit, penderita migrain juga cenderung akan lebih sensitif pada banyak hal kecil layaknya cahaya, mual dan muntah, hingga suara-suara khas.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Tahukah anda, migrain ternyata muncul dari adanya pembengkakan pada pembuluh darah dan disertai dengan pelepasan zat kimia yang berada di sekitar pembuluh darah dan saraf dan bisa memicu peradangan dan rasa yang sangat sakit di kepala. Uniknya adalah, munculnya migrain bisa terjadi karena hal-hal yang remeh layaknya tidur terlalu lama. Di akhir pekan, banyak orang yang kelelahan dan ingin bermalas-malasan dengan tidur seharian. Kebiasaan tidur terlalu lama ini ternyata bisa memicu migrain yang menyakitkan. Selain tidur terlalu lama, mereka yang cenderung dalam kondisi stress atau depresi juga bisa terkena sakit kepala sebelah. Mereka yang bekerja dengan duduk seharian di depan komputer dan kesulitan mengambil waktu makan yang santai dan rileks ternyata bisa memicu kekurangan nutrisi baik dan berakhir dengan sakit kepala sebelah yang terkadang sangat mengganggu.

Migrain juga bisa muncul dari hal sederhana layaknya rasa lapar yang mendera. Tubuh yang kelaparan karena tidak selalu makan dengan teratur ternyata bisa membuat sistem pencernaan bermasalah dan membuat kepala mudah terkena migrain. Sebaliknya, jika kita berlebihan dalam mengkonsumsi minuman berkafein layaknya kopi atau teh ternyata juga bisa memicu migrain. Hal inilah yang membuat beberapa orang yang mudah sakit kepala akan cenderung mudah menghindari konsumsi kopi.

Baca Juga:  Memakai Kipas Angin Saat Tidur Sangatlah Tidak Baik

Penyebab migrain yang terakhir adalah kebiasaan buruk mendengarkan musik dengan volume yang tinggi dan juga masalah perubahan cuaca. Jika kita sering mendengarkan lagu dengan headset dengan volume yang tinggi dalam waktu lama, maka kepala pun bisa mengalami rasa sakit yang sangat hebat. Selain itu, cuaca yang berubah-ubah dengan ekstrim layaknya pada musim hujan ini juga bisa memicu migrain karena perubahan cuaca mendadak akan berpengaruh besar pada sakit pada kepala.Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita menjaga gaya hidup sehat dengan lebih baik, menjaga asupan makanan yang seimbang, dan lakukan olahraga yang meskipun ringan namun rutin dilakukan.