Migrain Bisa Diredakan Tanpa Perlu Meminum Obat

DokterSehat.Com – Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu penyakit yang sangat tidak diharapkan untuk datang dan bisa mengganggu aktifitas harian kita. Untuk mengatasinya, kita sebenarnya bisa dengan mudah membeli obat di apotek atau warung-warung terdekat dan migrain pun akan segera sembuh. Namun, banyak orang yang mengeluhkan jika migrain akan bisa dengan mudah muncul di kemudian hari. Apakah ada cara yang lebih efektif untuk meredakan sekaligus mencegah migrain dalam waktu yang lama?

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga ternyata bisa menjadi solusi ampuh mengatasi migrain dengan efektif. Dari sebuah penelitian kesehatan yang mengambil rentang waktu satu tahun dan meneliti para penderita migrain, ditemukan fakta jika penderita migrain yang rutin melakukan olahraga bersepeda selama 40 menit dan dilakukan tiga kali seminggu, selama tiga bulan penuh, maka Ia akan memiliki kecenderungan semakin menurunnya terkena serangan migrain. Yang menarik dari hasil penelitian ini adalah, bersepeda secara rutin ternyata terbukti cukup ampuh melawan migrain sebagaimana obat-obatan, namun, bersepeda memiliki kelebihan berupa minimnya efek samping yang bisa didapatkan jika kita mengkonsumsi obat layaknya tremor, depresi, dan lain sebagainya.

Pakar kesehatan dari New York Headache Center di Manhattan, New York, Alexander Mauskop, bahkan menyebutkan jika rutin bersepeda juga akan sama ampuhnya dalam menagtasi sakit kepala biasa, khususnya yang disebabkan oleh stress. Hal ini dikarenakan stress ternyata akan bisa diatasi dengan mengeluarkan keringat yang bisa membuat hormon endorfin menjadi lebih aktif dan memunculkan perasaan lebih bahagia, tenang, dan melawan adanya rasa sakit. Sayangnya, bersepeda mungkin belum menjadi jawaban bagi sakit kepala yang disebabkan oleh faktor genetik, efek samping konsumsi makanan tertentu, hingga dampak dari kurang tidur.

Baca Juga:  Memakai Kipas Angin Saat Tidur Sangatlah Tidak Baik

Alexander Mauskop menyarankan para penderita migrain untuk melakukan olahraga bersepeda dengan santai dan bertahap saja karena jika kita memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan, yang terjadi justru detak jantung akan meningkat hingga berlebihan dan membuat sakit kepala menjadi lebih parah.