Migrain Aura Berisiko Terkena Stroke

DokterSehat.Com – Migrain atau sakit kepala sebelah bisa muncul tiba-tiba terutama saat Anda sedang stres. Biasanya migrain hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada.

doktersehat-sakit-kepala-pusing-panik

Sebuah penelitian menyatakan bahwa migrain yang disertai dengan pandangan yang kabur bisa berisiko tinggi terkena stroke dan serangan jantung. Migrain yang disertai dengan gejala sensorik seperti ini disebut juga dengan migrain aura.

Jangan sepelekan migrain aura karena pada kenyataannya migrain ini menjadi penyebab kedua setelah tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dr Tobias Kurth menyatakan bahwa migrain aura berisiko lebih tinggi dibanding perokok, obesitas, diabetes, dan penyakit keturunan.

Mungkin sebagian orang belum mengenal tanda-tanda migrain aura. Biasanya migrain aura didahului dengan gangguan sensorik seperti perubahan dalam penglihatan, kerlipan cahaya, blind spot (titik buta pada pandangan), dan pandangan seakan melihat cahaya melayang-layang.

Segeralah konsultasi ke dokter jika Anda mengalami tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.