Mie Instan Ternyata Bisa Menjadi Makanan Sehat Jika Diolah Dengan Benar

DokterSehat.Com – Mie instan adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya para mahasiswa. Mie instan yang memiliki harga murah ini adalah alternatif paling cepat andai lapar melanda mengingat sangat mudah untuk diolah dan bisa segera mengenyangkan perut. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika mie instan adalah salah satu makanan yang tidak sehat sehingga sebaiknya tidak sering-sering dikonsumsi. Namun, menurut dr. Marudut. MPS, pakar kesehatan gizi yang berasal dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, jika kita mengolah mie instan dengan benar, maka kita bisa membuat mi instan ini menjadi makanan yang sehat.

doktersehat-mie-bakmi-makan

Mie instan adalah makanan yang hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuh dan tidak menyediakan asupan gizi lainnya. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar mie instan yang memang hanya berupa tepung terigu. Jika kita kerap mengkonsumsinya, maka kita tentu akan kekurangan berbagai nutrisi lainnya yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena alasan inilah mie instan selalu dicap sebagai makanan yang tidak sehat.

Dr. Marudut sendiri menyebutkan jika meskipun mie instan memang terasa enak, ada baiknya kita harus memperhatikan asupan gizi seimbang atau variasi makanan. Ia pun menyarankan mereka yang menggemari mie instan untuk menambahkan bahan makanan lainnya layaknya sayuran, telur, ikan, hingga daging ayam agar saat mengkonsumsi mie instan, kita juga bisa mendapatkan nutrisi berupa serat, protein, mineral, dan juga vitamin, selain karbohidrat yang sudah disediakan oleh mi instan.

Yang menarik adalah, sebenarnya cara penyajian mie instan yang digambarkan dalam kemasannya berupa mie yang selalu dipenuhi dengan lauk pauk layaknya sayur, telur dan daging, sebenarnya adalah rekomendasi dari penyajian mie instan ini agar kita bisa mendapatkan berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, karena kita merasa hal ini terlalu repot untuk dilakukan atau malas mengeluarkan uang untuk membeli bahan-bahan tersebut, kebanyakan dari kita hanya akan langsung mengkonsumsi mie tersebut saja.