5 Kandungan Mie Instan Berbahaya pada Kehamilan!

doktersehat-mie-instan

DokterSehat.Com– Ketika ibu sedang mengandung, pola makan harus diperhatikan dengan baik sesuai kebutuhan ibu hamil. Makanan harus┬áterdiri dari protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Kehamilan berhubungan dengan nafsu makan. Berat badan ibu hamil biasanya akan bertambah dan didorong “makan untuk dua orang”.

Namun, tidak semua makanan aman untuk bayi dalam kandungan. Banyak makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki efek buruk pada kesehatan anak yang sedang berkembang dan harus dihindari. Alkohol bukan satu-satunya barang yang harus Anda hindari, karena ada banyak barang lain yang memiliki efek berbahaya juga.

Salah satu adalah mie, atau secara khusus, mie instan. Meskipun belum ditemukan, lebih baik untuk menghindarinya meskipun hanya ada sedikit risiko, mengingat penting untuk perkembangan janin.

Jenis mie

Ada begitu banyak jenis mie, dan mie instan mungkin yang paling populer dari semuanya. Jenis lainnya termasuk ramen, soba, mie ayam, mie goreng, rice-stick, dan mie telur.

Mi instan dipasarkan sebagai jenis yang dapat dimasak dengan mudah, dan dilengkapi dengan bumbu yang menambah rasa. Merek merek mie di Indonesia, yang semuanya hadir dengan mie instan.

Apakah makan mie instan sehat selama kehamilan?

Makan mie instan selama kehamilan akan tampak seperti pilihan yang bagus, karena itu enak, penuh rempah-rempah dan bisa dimasak dalam sekejap. Namun, mie tidak sepenuhnya aman. Sebagai permulaan, mie instan tidak memiliki nilai gizi dan mereka hanya memuaskan rasa lapar Anda untuk jangka waktu tertentu.

Zat lain yang berbahaya hadir dalam mi instan adalah MSG, meskipun dalam kemasan mengatakan bahwa MSG tidak ditambahkan sama sekali. Namun, harus diingat bahwa FSSAI telah menganggap bumbu penyedap tidak aman dan tidak layak untuk dikonsumsi, sehingga pengamat rasa masih belum mengetahui apakah MSG benar-benar ada dalam garnishing.

Kandungan dalam mie yang bisa berbahaya pada kehamilan

Ada beberapa bahan dalam mie instan yang dapat menimbulkan risiko bagi anak yang sedang berkembang, jadi ibu harus ingat untuk menjauh dari mereka. Beberapa di antaranya:

1. Maida

Maida adalah tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali, karena benar-benar kehilangan nutrisi selama proses pemurnian. Ini juga sulit dicerna dan tetap berada di dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Garam

Ditemukan bahwa ada hampir 2,5 gram hingga 5 gram garam dalam setiap 100 gram mie, dan tingkat asupan sodium ini pasti bisa membuat Anda rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet

Mie instan memiliki pewarna buatan dan aditif rasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpannya, dan ini dapat membahayakan pertumbuhan bayi.

4. MSG

Monosodium Glutamate dikenal sebagai bahan umum di banyak makanan, terutama makanan ringan yang gurih. Ini meningkatkan rasa makanan, sehingga digunakan dalam jumlah besar dalam mie. Sementara wanita hamil dapat memproses sejumlah kecil MSG, jumlah besar dalam tubuh dapat menimbulkan risiko bagi anak.

5. Lemak trans

Ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan olahan, mereka dapat membuat kadar kolesterol Anda naik selama kehamilan.

Apa itu TBHQ? Apa Peranannya dalam Mie Instan?

Tersier Butylhydroquinone atau TBHQ adalah bahan kimia beracun yang digunakan dalam mie instan sebagai pengawet. Ini adalah turunan minyak bumi, dan digunakan dalam cat, kosmetik, dan bahkan pestisida. TBHQ jelas berbahaya bagi kesehatan janin, terutama dalam jangka panjang.

Efek samping dari TBHQ

Mual, delirium, sesak napas, dan tinnitus adalah efek samping langsung dari TBHQ jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Ini dihilangkan oleh tubuh setelah waktu yang singkat, tetapi jika Anda adalah konsumen mie instan, ia tetap berada di dalam tubuh untuk waktu yang lebih lama. Ini juga dapat menyebabkan sindrom metabolik, yang dapat mengacaukan tekanan darah, menyebabkan obesitas dan bahkan meningkatkan kadar kolesterol jahat. TBHQ juga dapat menyebabkan masalah jantung dan diabetes.

Bagaimana cara membuat mie instan yang sehat?

Jika Anda menginginkan semangkuk mie instan, nikmati tanpa banyak mengunakannya penyedap dan Anda dapat menikmati sesekali, tetapi tidak terlalu sering. Namun, pastikan untuk membuat hidangan lebih sehat, dengan menambahkan sayuran dan hidangan yang direbus dalam jumlah yang banyak.

Juga, jika Anda menambahkan garam ekstra, pastikan untuk menambahkan hanya kurang dari setengah jumlah yang disebutkan dalam paket.

Makanan ringan dapat Anda coba selama kehamilan

Beberapa camilan yang dapat dikonsumsi sebagai alternatif yang sehat untuk mie adalah oatmeal, kecambah, dan bahkan smoothies. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih modern, Anda bisa memilih keripik kentang manis atau sandwich.

Apa yang dokter katakan?

Dokter menentang mengkonsumsi mie sebagai makanan pokok selama kehamilan, karena mereka tidak menambahkan nilai gizi apa pun kepada ibu dan bayi. Namun, mereka tidak menentang Anda terlibat dalam keinginan Anda sesekali.

Hal-hal yang harus diingat

Makanan olahan idealnya harus dihindari sepenuhnya, tetapi pilihan yang lebih mudah adalah mengambil frekuensi konsumsi sesekali. Ingatlah untuk membuat mie Anda sehat dan penuh dengan sayuran, jika Anda mengonsumsinya selama kehamilan.

Mi instan adalah makanan olahan, yang tidak memberikan manfaat apa pun bagi ibu dan anak. Anda harus ingat bahwa setelah kehamilan, Anda dapat makan apa pun yang diinginkan sebanyak-banyaknya. Namun, selama kehamilan, kesehatan janin harus dipertimbangkan, dan mi instan harus dihindari untuk mencegah komplikasi dalam jangka panjang.