Mid-Insomnia, Terbangun di Tengah Malam

DokterSehat.Com – Selain masalah kesulitan untuk tidur yang disebut dengan insomnia, banyak orang yang juga mengeluhkan sebuah masalah tidur yang disebut dengan mid-insomnia. Mid-insomnia sendiri adalah sebuah kondisi dimana meskipun seseorang sudah mampu tertidur pada jam layaknya 9-11 malam, namun kemudian saat dini hari layaknya antara jam 1 hingga jam 3 dini hari, Ia terbangun dan kemudian kesulitan untuk tidur kembali hingga setengah jam atau satu jam lamanya. Apakah hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

Pakar kesehatan James Findley, Ph.D, seorang direktur dari Behavioral Sleep Medicine Program di Pennsylvania University menyebutkan jika hal ini ternyata masih dianggap sebagai hal yang normal. Beliau menunjukkan fakta bahwa saat kita tidur, kita akan mengalami tiga siklus dimana kita akan mengalami tidur yang sangat nyenyak dan dalam, dan kemudian dilanjutkan dengan tidur dengan kesadaran sedang, dan kemudian tidur ringan. Yang menarik adalah, beberapa orang akan melompati fase tidur nyenyak yang dalam dan langsung berada dalam tidur ringan dan pada akhirnya akan terbangun. Saat terbangun inilah Ia akan kesulitan untuk tidur kembali dan mengalami masalah yang disebut sebagai “tidur yang terpecah”.

Findley pun menyebutkan jika asalkan anda mencoba untuk memperbaiki posisi tidur dan membuat kondisi tubuh anda senyaman mungkin, maka anda pun akan bisa tertidur kembali. Hanya saja, jika anda termasuk sering mengalami mid-insomnia layaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu, maka ada baiknya anda memeriksakan kondisi ini ke dokter karena dikhawatirkan menjadi tanda adanya gangguan tidur yang lebih besar.

Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya masalah mid-insomnia ini. Sebagai contoh, saat seseorang mengalami pertambahan usia, maka Ia pun akan cenderung tidur dengan jam yang jauh lebih sedikit sehingga rentan terbangun di tengah waktu tidur. Selain itu, jika kita berada dalam kondisi tubuh yang tidak baik layaknya sedang mengalami diare yang terasa di tengah-tengah waktu tidur, maka kita tentu akan mudah terbangun. Selain itu, kondisi kamar tidur yang kurang nyaman dimana banyak terpaan cahaya atau suara bising juga bisa menjadi penyebab munculnya masalah mid-insomnia.