Microwave Picu Kanker dan Kemandulan?

Doktersehat.com –  Sudah banyak beredar kabar yang mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat mengganggu kesehatan. Tapi, ternyata tak hanya ponsel saja yang dapat mengeluarkan radiasi yang berbahaya bagi tubuh. Salah satu perabotan memasak seperti microwave juga mengeluarkan radiasi yang bisa merusak bagian tubuh Anda yang sensitif.



Menurut beberapa ahli radiasi yang dihasilkan microwave masih dalam batas aman, tapi Anda tetap harus waspada terhadap dampak buruk yang bisa ditimbulkan microwave seperti yang dilansir Live Strong.

1. Bersifat Karsinogenik

Dampak buruk akibat radiasi microwave banyak menimbulkan perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa microwave bisa menyebabkan tumor otak. Namun, beberapa ahli percaya bahwa tingkat radiasi microwave cukup rendah sehingga risikonya tidak terlalu tinggi.

Menurut International Agency for Research on Cancer, gelombang radio frekuensi yang rendah tetap dapat menimbulkan risiko kanker. Panas dari microwave dapat meningkatkan leukosit yang menjadi penyebab keracunan, merusak sel, dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, microwave disinyalir bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti kanker.

2. Pengaruhi Reproduksi

Dr. Ali Khounsary dari Argonne National Laboratory menjelaskan bahwa bagian tubuh yang sensitif seperti testis dapat rusak akibat radiasi microwave pada level tertentu. Inilah alasan yang menjelaskan pengaruh radiasi microwave terhadap sistem reproduksi pria. Bahkan, dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan kemandulan.

3. Neurologis

Terlalu sering menggunakan microwave juga dapat membuat sakit kepala, cepat letih, mata lelah, dan gangguan tidur.  Menurut Canadian Centre for Occupational Health and Safety (CCOHS) gangguan tersebut disebabkan radiasi selombang mikro yang mempengaruhi sistem saraf pusat tubuh.

Bahkan ada penelitian yang menjelaskan bahwa gelombang mikro bisa menyebabkan seseorang kehilangan memori, tidak mampu konsentrasi, dan ADHD.

Baca Juga:  Menjaga Paru-Paru untuk Kesehatan Sistem Pernapasan

Untuk mengurangi paparan radiasi sebaiknya jangan berdiri terlalu dekat dengan microwave yang sedang beroperasi.

Sumber: wolipop.com