Mewaspadai Penyebab Katarak

DokterSehat.Com – Sudah bukan menjadi rahasia lagi orang yang berumur, lebih rentan menderita katarak. Banyak orang yang masih awam dengan katarak yang menyerang mata. Apakah katarak itu? Katarak sendiri merupakan timbulnya lapisan selaput yang terjadi pada lensa mata. Lensa mata yang berfungsi untuk menerima cahaya akhirnya tidak bisa bekerja dengan sempurna karena terhalang oleh lapisan selaput yang terbentuk, sehingga menyebabkan kaburnya penglihatan.

5

Katarak pada mata bukanlah merupakan penyakit menular, kanker, tumor ataupun infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Secara umum katarak merupakan penyakit mata yang dikategorikan sebagai penyakit degeneratif yaitu penurunan fungsi mata yang disebabkan oleh umur.

Penyebab katarak pada umumnya karena degeneratif (faktor usia). Tanda-tanda penyakit katarak yaitu gatal-gatal, air mata mudah keluar dan pada malam hari penglihatan terganggu, mata tidak dapat menerima sinar matahari atau lampu. Selain itu paparan ultraviolet yang terlalu banyak juga merupakan penyebab katarak.

Hindari paparan ultraviolet penyebab katarak dalam jangka panjang

Katarak yang diderita seseorang bisa menjadikan kebutaan sehingga penglihatannya tidak berfungsi lagi. Sinar ultraviolet dari matahari ternyata menjadi penyebab katarak, sehingga sebaiknya dihindari. Jangan ragu untuk memakai kacamata gelap untuk melindungi mata saat anda beraktivitas di luar rumah untuk waktu yang cukup lama. Cara lainnya ialah memakai topi agar mata anda terlindung dari sinar ultraviolet penyebab katarak. Pertambahan usia juga menjadi pemicu katarak.

Pada usia lanjut sekitar 65 tahun ke atas, penglihatan seseorang mulai terganggu. Ini ditandai dengan reaksi mata yang lebih peka menerima rangsangan cahaya dan pandangan mata mulai kabur. Selain karena faktor usia, penyebab katarak bisa jadi karena gangguan virus pada masa kehamilan. Maka jangan heran jika ada bayi yang lahir dengan katarak. Oleh karena itu, para ibu hamil diimbau untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari katarak. Adapun penyebab katarak lainnya yaitu kelainan sistemik atau metabolik yang disebabkan diabetes melitus, galaktosemi. Katarak juga dapat menyerang seseorang karena faktor konsumsi makanan yang kurang baik seperti kurang mengkonsumsi makanan bervitamin. Kekurangan vitamin A juga menjadi penyebab katarak pada seseorang. Rokok dan alkohol juga merupakan penyebab katarak dan dapat memperparahnya.

Baca Juga:  Penyakit Gonorrhea Pada Wanita

Jenis-jenis katarak

Setelah mengetahui berbagai penyebab katarak, ada baiknya anda mengenal berbagai macam jenis katarak :

  • Congenital yaitu katarak yang terjadi pada bayi. Penyebab katarak ini disinyalir dari virus yang masuk ke dalam rahim.
  • Sekunder yaitu katarak ini terjadi akibat konsumsi obat-obatan prednisone dan kortikosteroid, diabetes.
  • Katarak yang terjadi akibat penuaan usia. Biasanya katarak ini terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun ke atas.
  • Traumatik, yaitu katarak akibat kecelakaan yang berimbas pada mata.

Setelah anda mengetahui penyebab katarak, gejala, dan jenis-jenis penyakit katarak, sebaiknya anda mulai waspada sejak dini. Konsumsi alkohol dan rokok juga seharusnya dihindari. Namun, jika anda terlanjur menderita penyakit ini, ada baiknya anda melakukan pengangkatan katarak melalui operasi. Baru-baru ini terobosan operasi dengan menggunakan laser sedang menjadi primadona karena kecanggihannya. Namun demikian, selagi mata anda masih sehat, gunakan dan jagalah mata anda agar tidak cedera atau terkena hal-hal lain yang dapat menjadi penyebab katarak. Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati, bukan?