Metode Ampuh Dalam Mengendalikan Amarah

DokterSehat.Com – Terdapat banyak teknik yang positif dalam mengendalikan amarah. Karena dengan mengendalikan amarah dapat mempengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain di sekitarnya, maka sangatlah penting untuk menyusun, mengajarkan, dan menyediakan konseling khusus mengenai teknik-teknik pengembangan kepribadian tersebut.

18

Karakter emosi dan amarah seseorang terbawa sejak ia kecil hingga dewasa. Itulah sebabnya diperlukan suatu pengajaran khusus untuk mengendalikan emosi dan rasa marah tersebut. Metode yang diajarkan haruslah dapat diterapkan untuk semua segmen usia, terutama untuk mengatasi masalah orang yang kesehariannya tidak bisa lepas dari temperamen tersebut.

Salah satu cara untuk menolong orang-orang yang berkutat dengan amarah ialah dengan teknik akupresur. Teknik ini digunakan sebagai pengendali temperamen seseorang dengan metode pemijatan dan menggosok tubuh. Dengan akupresur, pemijatan secara cepat pada tubuh ketika seseorang sedang marah dapat mengeluarkan energi negatif tersebut sehingga hasil akhirnya adalah perasaan rileks.

Ada pula teknik pengendalian amarah lainnya yang dikenal dengan Emotional Freedom Technique (EFT). EFT dapat dikombinasikan dengan akupresur untuk melawan energi negatif. EFT berfungsi menyeimbangkan otak dalam membantu jiwa seseorang untuk memaafkan seorang yang lain dengan secara jujur mengakui masalah mereka. Teknik-teknik ini sangat bermanfaat untuk membantu pelepasan rasa marah dan menciptakan suasana rileks dalam diri setiap individu.

Mengaplikasikan teknik pengendalian amarah juga dapat dilakukan dengan membuat sebuah buku catatan. Catatan ini berisi situasi dan kondisi yang dapat menaikan tensi Anda. Dengan menuliskannya pada sebuah catatan, itu akan membantu melepaskan emosi negatif tersebut dari kepala. Tujuan lain dari teknik penulisan ini adalah sebagai pengingat. Jika seseorang menjadi marah dan ingat akan catatan tersebut, hal itu akan membantunya menyingkirkan segala pemikiran negatif.

Aktivitas pengendalian amarah ini dilakukan secara detail dengan harapan dapat menurunkan tensi seseorang yang sudah terlanjur naik pitam. Dengan terbiasa membaca situasi di mana emosi dapat meledak, seseorang diharapkan dapat mengubah perilaku negatif tersebut.

Baca Juga:  Psikologi Perempuan

Dalam teknik-teknik pengendalian amarah, ada satu metode yang cukup mudah dilakukan. Menjauhkan diri dari situasi yang berpotensi membuat emosi Anda naik merupakan metode yang ampuh. Jika Anda mengenali diri Anda sebagai pribadi yang sulit mengendalikan amarah, maka jauhilah situasi atau mungkin perdebatan sengit yang dapat berujung pada adu argumen.

Seseorang dengan emosi yang sering meledak dan dengan mudahnya melepaskan amarah tersebut melalui cara memukul atau mengajak berkelahi wajib menghindari insiden-insiden seperti itu. Beberapa orang dengan masalah akut terkait temperamen seringkali mencari-cari alasan yang dapat membuat mereka marah. Dengan mengadopsi teknik pengendalian amarah, orang-orang ini harus mencoba mengubah cara berpikir mereka. Daripada masuk dan terjerumus dalam suatu masalah, lebih baik menghindarinya.

Menerapkan teknik pengendalian amarah yang baik dan terbukti ampuh sangat penting dilakukan bagi seseorang yang berjuang untuk mengatasi masalah temperamen mereka. Ada banyak sekali sumber melalui media online atau internet tentang metode ini. Tentu saja mengunjungi situs-situs tersebut dan menggali info, saran serta tips di dalamnya akan sangat membantu Anda.

Tidak perlu mengikuti semua metode dan teknik yang dijabarkan. Pilih satu saja yang cocok dengan gaya Anda. Mungkin Anda perlu mencoba setidaknya satu kali dari tiap metode tersebut untuk mendapatkan mana yang sesuai. Ketika Anda berniat untuk mengendalikan bahkan mengeliminasi perasaan negatif dari diri Anda, mengeksplorasi metode-metode yang telah Anda ketahui sangatlah berguna dan penting untuk menemukan satu saja yang cocok untuk Anda.