Meskipun Terlihat Tidak Sopan, Memaki Ternyata Ada Manfaatnya

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap melihat orang yang memaki, khususnya saat berada di jalan raya. Meskipun terlihat sebagai sesuatu hal yang tidak sopan, memaki ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kok bisa?

doktersehat-gangguan-kepribadian-ambang

Adalah Emma Byrne yang menulis buku berjudul ‘Swearing is Good for You’ yang mengungkapkan fakta menarik ini. Asalkan tidak dilakukan terus-menerus, memaki bisa membuat kita menyalurkan emosi negatif yang akhirnya bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan memaki, kita akan mampu menurunkan ketegangan dan akhirnya justru mencegah kita melakukan berbagai hal lain yang tidak terkendali. Hal yang berbeda terjadi jika kita cenderung tidak mampu melepas rasa kesal dan amarah ini. Bisa jadi, tangan atau kaki kita yang akan lebih banyak beraksi dan akhirnya memicu tindakan yang kurang terpuji.

Memaki memang tidak akan membuat kita terlihat lebih gagah. Namun, hal ini bisa membuat kita mengatasi rasa sakit pada fisik, emosi, serta frustrasi. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang memproduksi hormon adrenalin saat memaki yang bisa menurunkan sinyal rasa sakit pada otak. Hal ini juga akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada rasa sakit yang membuat badan akan terasa lebih baik.

Byrne bahkan mengeluarkan pendapat menarik tentang memaki yang ternyata bisa membantu penderita stroke agar bisa berbicara kembali. Menurut Byrne, mereka yang mengalami stroke pada otak kirinya akan cenderung kehilangan kemampuan berbicara. Hanya saja, karena memaki akan melibatkan bagian otak yang bisa mengendalikan kemampuan emosi dan bahasa, maka kemampuan berbicara penderita stroke bisa lebih cepat pulih.

Fakta menarik lain tentang memaki adalah keterkaitannya dengan kecerdasan seseorang. Kita harus menempatkan makian yang tepat dengan situasi tertentu sehingga membutuhkan kemampuan otak dalam berpikir.

Baca Juga:  Sedang Kesal atau Kecewa? Atasi Dengan Mencuci Piring

Melihat adanya fakta ini, tidak ada salahnya untuk memaki sebagai penyaluran emosi negatif meskipun memang harus dilakukan di situasi yang tepat dan tidak dilakukan dengan berlebihan.