Meskipun Terkena Pilek, Ada Baiknya Kita Tidak Tidur Seharian

DokterSehat.Com – Hujan yang turun hampir setiap hari belakangan ini tentu membuat kita lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan layaknya pilek. Meskipun dianggap sebagai penyakit yang cukup ringan dan mudah disembuhkan hanya dengan beristirahat atau mengkonsumsi obat warung, dalam realitanya pilek bisa menjadi sangat merepotkan karena membuat kita akan merasa berat dan lemas dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Meskipun terasa berat, pakar kesehatan ternyata sangat tidak menyarankan kita untuk terus tidur-tiduran seharian andai terkena pilek karena andai hal ini dilakukan, pilek justru akan bisa semakin memburuk.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Meskipun pakar kesehatan menyarankan kita untuk banyak beristirahat tatkala terkena pilek, memang ada baiknya kita tidak berbaring saja di atas tempat tidur. Pakar kesehatan khusus THT bernama dr. Erich Voigt, MD, menyebutkan jika ada baiknya kita melakukan beberapa aktifitas seperti biasa saja. Alasan yang dikemukakan oleh dr. Voigt pun cukup bisa dimengerti, yakni andai kita tetap tiduran saja di atas tempat tidur, maka lendir yang ada pada dada atau tenggorokan kita tidak akan bisa keluar lewat batuk atau kondisi hidung meler. Padahal, andai lendir-lendir ini tak juga segera dikeluarkan, dikhawatirkan pilek bisa berlanjut menjadi masalah bronchitis atau pneumonia yang jauh lebih berbahaya. Dengan tetap melakukan aktifitas, maka kita pun bisa membuang lendir melalui batuk sehingga pilek pun akan cenderung lebih cepat disembuhkan.

Dr. Voigt juga berkata jika andai kita hanya bermalas-malasan di tempat tidur saja, dikhawatirkan kita akan mengalami pembekuan darah pada kaki. Karena alasan inilah ada baiknya kita kerap terbangun, berjalan-jalan sebentar, atau melakukan beberapa aktifitas rumah yang tidak terlalu melelahkan. Selain itu, cukupi kebutuhan harian air putih yang akan membantu penyembuhan penyakit pilek ini dengan cepat.