Meskipun Ringan, Jangan Abaikan Flu dan Pilek, Bisa Jadi Ada Penyakit Lain yang Mengintai Tubuh

DokterSehat.Com Flu dan pilek menjadi penyakit yang banyak menyerang di musim penghujan. Cuaca yang dingin dan lembab menjadi salah satu faktor mudahnya virus pembawa flu untuk berkembang. Virus penyebab flu dan pilek yang paling umum ditemui adalah rhinovirus. Meskipun sebenarnya virus penyebab flu lebih variatif tergantung pada musim serta letak geografis.

doktersehat-sinus-sinusitis-tht-hidung

Pada umumnya sebagian besar oranga yang terserang flu dan pilek lebih memilih mengkonsumsi obat pereda flu yang tersedia di toko-toko obat. Dengan mengkonsumsi obat flu tersebut, ditambah dengan mencukupkan istirahat, biasanya flu dan pilek pun akan segera mereda. Meskipun pada dasarnya flu dan pilek ini memiliki gejala-gejala yang hampir mirip, serta muncul bersamaan, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Jika pilek lebih dikaitakan dengan tersumbatnya hidung karena ingus, sedangkan flu memiliki gejala yang lebih berat.

Gejala-gejala terserang pilek biasanya diawali secara bertahap dan berkembang secara perlahan. Gejala pilek dimulai dengan kondisi demam hingga 39 C, yang disertai dengan hidung yang meler atau justru mampet karena sinus yang tersumbat. Rasa nyeri dan susah menelan menjadi indikasi radang tenggorokan yang semakin membuat badan terasa lebih tidak nyaman. Radang ini pun biasanya disertai dengan batuk, baik berdahak atau pun kering. Tak sampai di situ gejala pilek semakin bertambah seperti bersin, sakita kepala, dan mata berair.

Sementara flu memiliki gejala yang lebih berat. Sama seperti pilek, flu dimulai dengan demam hingga suhu 39 C. Kondisi tubuh terasa lemas, disertai dengan sakit otot khususnya pada bagian punggung, lengan, dan kaki. Keringat dingin pun terus keluar dari tubuh. Sama seperti pilek, flu juga disertai batuk dan sakit kepala.

Baca Juga:  Takut Gemuk? Ikuti 3 Kebiasaan Makan Sehat Ini

Meski sebagian besar menganggap flu dan pilek adalah penyakit yang ringan, namun tidak menutup kemungkinan flu dan pilek ini menjadi tanda adanya penyakit lain yang sedang menyerang tubuh, seperti sinusitis (radang sinus), infeksi tenggorokan, infeksi telinga, hingga pneumonia atau infeksi paru-paru. Jika Anda merasa gejala flu dan pilek yang menyerang tubuh serasa lebih dari biasanya seperti radang tenggorokan yang parah dengan ciri susah menelan, demam lebih dari 3 hari, suara serak, batuk yang tiada henti, sakit telinga, nyeri gigi, hingga tubuh yang sangat lemas, bersegaralah untuk pergi ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih dini.