Meskipun Rasanya Pahit, Daun Pepaya Bisa Memberikan Berbagai Manfaat Berikut Ini

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk tidak mengkonsumsi daun pepaya karena rasanya yang cenderung pahit. Padahal, menurut pakar kesehatan, daun yang juga kerap digunakan sebagai bahan jamu ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti sebagai berikut.



Melawan infeksi
Jika kita mengolah daun pepaya menjadi jus, maka daun ini akan menjadi minuman yang sangat efektif untuk melawan infeksi virus. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam daun pepaya yang mampu meregenerasi sel darah putih sekaligus trombosit dalam darah. Padahal, kedua hal inilah yang mampu melawan berbagai infeksi virus penyebab penyakit.

Baik bagi kesehatan kulit
Banyak yang tidak menyangka jika daun pepaya bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Padahal, dalam realitanya, daun pepaya memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang kita temui di buah-buahan. Kedua jenis vitamin inilah yang mampu membuat kulit lebih sehat dari dalam. Selain itu, daun pepaya juga memiliki senyawa karpain yang bisa melawan berbagai macam mikroorganisme dan zat beracun yang bisa merusak kesehatan kulit.

Melawan kanker
Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Ethnopharmacology, disebutkan bahwa mengkonsumsi jus daun pepaya secara rutin bisa membantu kita melawan perkembangan kanker dan tumor di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim tertentu yang bisa mempengaruhi sel T, sel yang mampu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kemunculan atau perkembangan sel kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak ragu lagi mengkonsumsi daun pepaya demi kesehatan tubuh. Hanya saja, pastikan pula untuk tidak mengolahnya dengan cara yang kurang sehat seperti menambahkan santan karena bisa mengurangi manfaat sehatnya.