Meskipun Rasanya Enak, Makan Adonan Kue Mentah Bisa berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Jika anda termasuk orang yang suka membuat kue, tentu anda pernah mencicipi adonan kue mentah. Tujuan dari melakukan hal ini tentu saja agar memastikan bahwa adonan ini sudah terasa enak atau belum. Meskipun terlihat sebagai hal yang wajar untuk dilakukan oleh bayak korang, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan mencicipi adonan kue mentah ternyata bisa membahayakan kesehatan.



Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul The New England Journal of Medicine menghasilkan fakta mengejutkan bahwa tepung terigu kering yang kerap dijadikan bahan pembuatan kue bisa jadi memiliki banyak bakteri penyebab penyakit. Bahkan, penelitian ini membuktikan bahwa adonan kue bisa saja memicu infeksi bakteri E coli layaknya diare dan kram perut.

Penelitian ini dilakukan dengan cara meneliti 56 kasus infeksi dari bakteri E coli yang terjadi di Amerika Serikat pada rentang waktu Desember 2015 hingga September 2016. Para ilmuwan kemudian memfokuskan penelitian ini pada orang-orang yang suka mencicipi adonan kue mentah. Hasilnya adalah, ternyata tepung terigu kering memang bisa menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Yang menjadi masalah adalah, salah satu orang yang diteliti ternyata mengalami kasus gagal ginjal yang cukup parah yang disebut sebagai sindrom hemolitik uraemik gara-gara hobinya mencicipi adonan kue mentah.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi mencicipi adonan kue atau bahan makanan lainnya yang terbuat dari tepung yang masih dalam kondisi mentah. Tak hanya itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah memegang tepung. Penggulung adonan tepung juga sebaiknya selalu dibersihkan agar tidak menjadi sarang bakteri. Sementara itu, anak-anak juga sebaiknya tidak dibiasakan untuk bermain-main dengan adonan kue mentah.