Meskipun Nikmat, Camilan di Kantor ini Bisa Memicu Kerusakan Gigi

DokterSehat.Com – Untuk menghindari rasa penat saat sibuk bekerja di kantor, banyak dari kita yang mengkonsumsi camilan. Selain bisa menghindarkan rasa lapar, adanya camilan juga akan membuat kita akan lebih baik dalam menjaga konsentrasi saat bekerja. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika camilan di kantor cenderung tidak sehat dan bisa memicu masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Bahkan, menurut pakar kesehatan dr. Peter Alldritt dari Australian Dental Association’s Oral Health Committee, ada beberapa jenis camilan yang mudah ditemui di kantor namun mampu memicu kerusakan gigi. Apa sajakah camilan-camilan tersebut?



Keripik kentang
Camilan sejuta umat, keripik kentang sangat disukai oleh banyak orang termasuk para pekerja kantoran. Rasa keripik kentang yang gurih, renyah, dan nikmat akan membuat kita sangat menikmati camilan ini di sela-sela kesibukan di kantor. Sayangnya, dibalik rasa enak dari camilan ini, dr. Alldritt menyebutkan jika keripik kentang ternyata kaya akan kandungan gula yang bisa membuat kita beresiko tinggi terkena masalah kerusakan gigi.

Berondong jagung
Popcorn atau berondong jagung juga termasuk dalam makanan yang disukai oleh pekerja kantoran karena memiliki beragam rasa yang sangat nikmat untuk dikonsumsi saat bekerja. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, bagian cokelat dari popcorn ini bisa terselip di sela-sela gigi tatkala kita mengkonsumsinya dan andai hal ini tidak dibersihkan dengan baik, dikhawatirkan bisa memicu masalah kesehatan gigi layaknya gigi berlubang.

Minuman berenergi
Demi mencegah munculnya rasa kantuk atau menjaga konsentrasi, banyak pekerja kantoran yang mengkonsumsi minuman berenergi. Sayangnya, minuman berenergi termasuk dalam minuman yang kaya akan gula dan andai kita rutin mengkonsumsinya, enamel gigi bisa semakin terkikis dan kerusakan gigi pun tinggal menunggu waktu saja.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Sarapan Sebaiknya Dilakukan 1 Jam Setelah Bangun Tidur

Buah yang dikeringkan
Banyak yang berpikir jika camilan buah yang dikeringkan akan sama sehatnya dengan buah pada umumnya. Padahal, buah yang dikeringkan sudah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga andai kita rutin memakannya, dikhawatirkan gula ini akan menempel pada permukaan gigi dan memicu berbagai kerusakan.