Meskipun Merepotkan, Keputihan Juga Ada Manfaatnya Bagi Wanita Lho

DokterSehat.Com– Cukup banyak wanita yang mengaku merasa cemas dan kurang nyaman saat mengalami keputihan. Tak hanya bisa membuat organ vital berbau atau gatal-gatal, hal ini juga menandakan adanya infeksi. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa keputihan ini sebenarnya juga ada manfaatnya bagi kesehatan kaum hawa.

doktersehat-Gonore-Kencing-Nanah-keputihan-celana-dalam-vagina

Tak hanya menandakan adanya masalah kesehatan ringan seperti infeksi jamur atau bakteri, keputihan juga bisa saja menandakan adanya masalah yang lebih serius seperti kanker serviks. Hal ini tentu akan membuat wanita mewaspadai kondisi kesehatannya dan bisa segera memeriksakannya ke dokter. Sebenarnya, asalkan wujud dari keputihan masih berupa lendir yang tak berwarna atau keputihan, tidak memiliki bau, tidak memicu gatal-gatal, sedikit kental atau sedikit cair, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Yang tidak banyak diduga oleh banyak orang adalah, keputihan sebenarnya adalah cara alami dari vagina wanita untuk melindunginya dari masalah kesehatan yang serius. Vagina memiliki cara alami untuk membersihkan dirinya sendiri dari berbagai macam bakteri, iritasi, serta infeksi. Caranya? Tentu saja dengan mengeluarkan keputihan ini.

Selain sebagai cara pembersihan alami vagina, keputihan juga bisa menjadi tanda bagi kaum hawa bahwa mereka sedang mengalami masa ovulasi, sedang dalam kondisi libido yang tinggi, atau sedang terkena stress.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jumlah keputihan yang melimpah juga belum tentu menandakan adanya masalah kesehatan yang serius, apalagi jika hal ini dialami oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani program KB. Hanya saja, jika keputihan memiliki bentuk gumpalan layaknya keju, menyebabkan bau busuk atau amis, memiliki warna mencolok seperti kehijauan dan kekuningan, terasa gatal, perih, atau bahkan berdarah dan memicu rasa nyeri, ada baiknya kaum hawa mewaspadainya dan segera memeriksakannya ke dokter.