Meskipun Menyenangkan, Tinggal di Kota Besar Ternyata Lebih Mudah Membuat Kita Tua

DokterSehat.Com – Alih-alih tinggal di pedesaan yang alamnya masih hijau dan udaranya masih segar, banyak orang yang kini lebih mendambakan tempat tinggal di kota besar. Selain karena alasan investasi yang jauh lebih baik, banyak orang yang juga ingin tinggal di area yang dekat dengan tempat kerjanya, pusat perbelanjaan, dan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan berbagai benda. Meskipun menawarkan berbagai kemudahan, pakar kesehatan menyebutkan jika tinggal di kota besar ternyata juga bisa memberikan kerugian. Salah satunya adalah dengan lebih mudah membuat kita tua jika dibandingkan dengan tinggal di area pedesaan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-hidup-kota

Sudah menjadi rahasia umum jika kota besar adalah area yang kaya akan polusi udara. Padahal, polusi udara ini adalah biang kerok berbagai masalah kesehatan dan penuaan dini pada kulit kita. Pakar kesehatan berkata jika dengan tinggal di kota besar, maka kulit kita pun lebih sering terpapar polusi tersebut sehingga kehilangan kecerahannya. Berbagai kandungan dalam polusi udara layaknya nitrogen dioksida, karbondioksida, atau bahkan jelaga, ternyata memiliki kemampuan untuk menyusup ke dalam kulit hingga ke lapisan terdalam. Andai hal ini terjadi, maka kesehatan kulit mengalami gangguan dan penuaan dini pun akan lebih mudah muncul pada kulit, khususnya kulit wajah.

Jika kita kerap melakukan aktivitas di dalam ruangan layaknya para pekerja kantoran, kita ternyata juga tetap beresiko mengalami penuaan dini ini. Udara area perkantoran yang terperangkap dalam sistem AC ternyata tidak segar, kering, dan juga memiliki berbagai polusi dan kotoran yang tidak sehat bagi kulit kita.

Untuk mencegah masalah penuaan pada kulit wajah kita, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin membersihkan wajah, khususnya setelah melakukan aktivitas harian dan sebelum tidur sehingga berbagai polusi yang menempel pada wajah kita bisa hilang. Selain itu, gunakanlah produk-produk perawatan kulit yang mencegah penuaan dini dan kaya akan antioksidan yang tentu akan lebih baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita.