Meskipun Jorok, Kentut Ternyata Adalah Tanda Tubuh Masih Sehat

DokterSehat.Com – Kentut adalah salah satu mekanisme alami tubuh yang sayangnya dianggap sebagai hal yang kurang baik untuk dilakukan, khususnya jika dilakukan di tempat umum dimana ada banyak orang. Hal ini dikarenakan bau kentut yang sangat tidak sedap jika dikeluarkan sembarangan. Namun, tahukah anda, kentut ternyata bisa menjadi penanda jika kondisi kesehatan tubuh dalam kondisi yang baik. Mengapa kentut bisa menjadi parameter kesehatan?

doktersehat-pantat-kentut

Pakar kesehatan menyebutkan jika kentut berasal dari konsumsi makanan atau bahkan udara yang tanpa sengaja kita telan saat makan. Bahan makanan tertentu juga ikut mempengaruhi produksi gas kentut sekaligus bau dari kentut itu sendiri. Saat sebuah makanan memasuki usus untuk proses pencernaan, maka mikroba-mikroba yang ada di dalam usus akan melakukan pencernaan nutrisi sekaligus memproduksi gas. Gas inilah yang pada akhirnya mempengaruhi kentut yang kita keluarkan. Uniknya, sayuran yang kerap dikaitkan sebagai makanan sehat memiliki pengaruh besar dalam membuat bau dari gas kentut.

Bagaimana kentut bisa menjadi parameter seseorang sehat atau tidak? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa mengecek frekuensi kentut seseorang dalam sehari. Biasanya, kaum wanita akan melakukan kentut dengan frekuensi 7 hingga 12 kali dalam sehari. Sebaliknya, kaum pria, kaum yang cenderung lebih tidak malu-malu untuk melepaskan kentut di depan anggota keluarga maupun teman-temannya ternyata memang memiliki frekuensi kentut yang cukup tinggi, yakni 14 hingga 25 kali dalam sehari. Jika anda kentut dengan frekuensi yang kurang dari itu, maka anda harus memperbaiki pola makan atau gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Sebaliknya, jika frekuensi kentut dalam sehari masih normal, maka hal ini menandakan jika sistem pencernaan tubuh bekerja dengan baik tanpa adanya masalah tertentu.

Baca Juga:  Baru Makan, Tapi Lapar Lagi? Apa Penyebabnya?

Melihat adanya fakta ini, cobalah melihat kentut sebagai hal yang tidak selalu identik dengan hal yang jorok. Memang, kita masih tetap sebaiknya tidak kentut di tempat umum. Namun, jika memang kita bisa melakukannya tanpa mengganggu orang lain, maka keluarkan kentut sesuka hati karena memang hal ini menandakan tubuh anda sedang sehat.