Meskipun Ingin Perut Langsing Kembali Setelah Melahirkan, Ada Baiknya Ibu Tidak Melakukan Sit Up

DokterSehat.Com – Saat hamil, seorang wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang sangat signifikan. Perut biasanya akan membesar dan secara umum, tubuh wanita akan cenderung lebih gemuk. Setelah melahirkan, tentu setiap wanita berharap agar bisa mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal dengan perut yang langsing. Namun, untuk mendapatkannya, pakar kesehatan sama sekali tidak menyarankan wanita yang baru melahirkan untuk melakukan sit up.

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Pakar olahraga Simon de la Ruese menyebutkan jika sit up memang termasuk dalam olahraga yang sangat efektif dalam membuat perut menjadi rata kembali, apalagi jika dilakukan secara rutin. Namun, bagi ibu yang baru melahirkan, ada baiknya harus menunggu beberapa waktu terlebih dahulu untuk melakukan olahraga layaknya sit up mengingat fisik mereka masih belum benar-benar prima setelah melakukan proses persalinan yang sangat berat. Simon sendiri menyebutkan jika andai sang ibu memaksakan diri, hal ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan cedera yang sangat tidak diinginkan.

Simon menyebutkan jika setelah melahirkan, dinding perut pada wanita masih berada dalam proses pemulihan diri, khususnya pada bagian otot linea alba, otot yang menyusur garis tengah pada perut. Otot ini cenderung sangat tipis dan dalam konsisi banyak lemak setelah melahirkan. Ada baiknya kita menunggu beberapa waktu, yang biasanya sekitar 12 minggu sebelum kita bisa mulai melakukan aktivitas fisik yang intens.

Jika kita nekat melakukan olahraga yang berat dan menekan perut dengan harapan perut segera langsing kembali, bisa jadi otot-otot pada perut akan mengalami kerusakan. Karena alasan inilah olahraga semacam sit up dan juga crunch, olahraga yang mirip dengan sit up namun posisi kaki diangkat bersama dengan tubuh bagian atas, bukannya menapak ke lantai, akan sangat tidak disarankan untuk dilakukan setelah melahirkan.