Meskipun Enak, Makanan Ini Haram Untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Hipertensi

DokterSehat.Com– Sebagaimana penderita diabetes, penderita masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi juga tidak bisa lagi seenaknya mengkonsumsi makanan tertentu. Jika mereka melakukannya, dikhawatirkan tekanan darah mereka bisa meningkat dan akhirnya bisa memicu gangguan kesehatan lain yang berbahaya. Terdapat cukup banyak makanan yang sebenarnya memiliki rasa yang enak namun tidak boleh dikonsumsi oleh penderita masalah tekanan darah tinggi. Apa sajakah makanan tersebut?

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Kentang goreng
Salah satu camilan sejuta umat ini memang sangat nikmat untuk dikonsumsi sembari menonton televisi atau setidaknya berbincang-bincang dengan sahabat atau anggota keluarga. Sayangnya, kentang goreng dengan ukuran sedang saja sudah memiliki kadar garam dan lemak yang sangat tinggi, yakni sekitar 270 miligram garam dan 19 gram lemak. Mengkonsumsi kentang goreng jelas haram hukumnya bagi penderita hipertensi karena bisa memperburuk penyakit ini.

Daging merah
Daging merah dikenal luas bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Sayangnya, makanan ini bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung, termasuk dalam hal menaikkan tekanan darah.

Acar
Makanan ini sangat kaya akan kandungan garam sehingga tentu akan bisa menaikkan tekanan darah dengan mudah.

Donat
Dibalik rasanya yang enak, donat ternyata memiliki 12 gram lemak dan kaya akan kalori, tepatnya 200 kalori. Penderita hipertensi jelas sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan.

Makanan beku dan makanan olahan
Kedua jenis makanan ini ternyata kaya akan kandungan garam yang tentu bisa menaikkan tekanan darah dengan mudah sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi.

Minuman bersoda
Dibalik kesegaran minuman bersoda, minuman ini menyimpan banyak bahaya kesehatan bagi penderita masalah hipertensi.

Minuman berenergi
Tingginya kadar kafein pada minuman berenergi bisa membuat tekanan darah cepat naik sehingga sangat berbahaya bagi penderita masalah tekanan darah tinggi.