Meskipun Bisa Bikin Pikiran Segar, Minuman Ini Tidak Boleh Diminum Lebih dari 3 Gelas Sehari

DokterSehat.Com– Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, kita memang dimanjakan dengan berbagai jenis kopi yang sangat nikmat. Tak hanya berupa kopi sachet yang mudah ditemukan di berbagai tempat, kita juga bisa mendapatkan kopi berkualitas dari kafe-kafe dan tempat lainnya. Hanya saja, pakar kesehatan mewanti-wanti kita untuk tidak mengkonsumsi kopi dengan berlebihan karena bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

DokterSehat Teh Minuman Panas

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Beverage Association dan National Coffee Association, disebutkan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi kopi dengan berlebihan akan beresiko terkena keracunan kafein, terkena serangan jantung, hingga mengalami masalah kepadatan tulang. Demi menghindari masalah kesehatan tersebut, pakar kesehatan pun merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi kafein tidak lebih dari 400 mg dalam sehari. Jumlah ini setara dengan 3 gelas kopi dengan ukuran sedang. Bagi mereka yang masih berusia anak-anak dan remaja, maka konsumsi kafein ini sebaiknya dibatasi tidak mencapai 50 hingga 65 gram dalam sehari atau tidak sampai segelas kopi.

Pakar kesehatan dr. Ayuthia Putri Sedyawan, BmedSc, SpJP, FIHA yang berasal dari Mayapada Hospital Lebak Bulus Jakarta juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi kopi 1 atau 2 cangkir saja dalam seharii yang dianggap masih aman bagi tubuh kita. Kopi yang kita minum juga sebaiknya tidak diberi campuran gula atau krim.

Jika anda termasuk dalam pecandu kopi yang kerap mengkonsumsi minuman ini dengan berlebihan, ada baiknya anda melakukan diet rendah lemak, menjaga berat badan tetap seimbang, tidur dengan cukup, dan berolahraga dengan teratur demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.