Meskipun Baik, Kita Tidak Boleh Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

DokterSehat.Com – Kopi telah dikenal luas sebagai minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan kafeinnya mampu membuat tubuh lebih waspada dan otak menjadi lebih berkonsentrasi. Sayangnya, banyak pecinta kopi yang menganggap jika ujaran ini bisa membuat mereka mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lain sembarangan. Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi kandungan kafein terlalu banyak ternyata akan berimbas buruk bagi kesehatan tubuh. Kita tentu harus membatasi asupan kafein setiap hari untuk menjaga kesehatan.

shutterstock_117176206 copy

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Food Safety Authority mengungkapkan bahwa mereka yang cenderung mengkonsumsi lebih dari lima cangkir kopi espreso dalam sehari ternyata bisa membuat kesehatan tubuh menurun. Bahkan, beberapa penyakit berbahaya layaknya insomnia, gangguan pada jantung, atau bahkan serangan panik mendadak bisa didapatkan jika kita mengkonsumsi kopi terlalu banyak. Sayangnya, banyak orang yang mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebihan karena kebutuhan pecintanya untuk menjaga tubuh tidak mudah mengantuk dan tetap mampu berkonsentrasi dalam menyelasaikan pekerjaan atau tugas.

Pakar kesehatan menyebutkan jika andaipun ada orang yang membatasi asupan kopinya hanya dua kali sehari yang dianggap sebagai asupan yang aman, orang juga melupakan fakta bahwa banyak makanan atau minuman lain yang juga kaya akan kafein dan jika mengkonsumsinya bersamaan dengan kopi, maka kafein yang dikonsumsi pun akan tetap terlalu banyak bagi tubuh. Sebagai contoh, kita bisa menyantap kopi di pagi hari untuk membangunkan badan dan juga di siang hari. Lalu disambut dengan asupan teh di sore harinya serta mengkonsumsi minuman energi di malam hari, maka kandungan kafein yang dikonsumsi pun sangatlah tinggi.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita sebaiknya mengkonsumsi kafein dengan kadar yang normal dimana kaum hawa sebaiknya maksimal hanya mengkonsumsi 400 mg kafein dan bagi kaum pria, ada baiknya hanya mengkonsumsi 6 mg kafein untuk setiap kilogram berat badannya. Selain membatasi minuman berkafein, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk raijn-rajin mengkonsumsi air putih karena bisa mencegah tubuh kita terkena dehidrasi.