Meski Sudah Memakai Kondom, Penyakit Kelamin Ini Tetap Saja Masih Bisa Menular

DokterSehat.Com– Meskipun resiko terkena penyakit menular seksual cukup besar, masih banyak orang dengan santai menerapkan gaya hidup seks bebas atau berganti-ganti pasangan. Alasan mereka adalah asalkan seks dilakukan dengan memakai kondom, maka mereka tidak perlu khawatir lagi akan tertular penyakit tersebut. Padahal, ada penyakit menular seksual yang tidak bisa disembuhkan dan bahkan bisa saja tetap menular meskipun kita sudah memakai kondom. Berikut adalah beberapa penyakit menular seksual tersebut.

doktersehat-pasangan-seks

Kanker rahim
Kanker leher rahim atau kanker serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus atau HPV. Yang menjadi masalah adalah, penularan virus ini seringkali disebabkan oleh hubungan seks yang tidak aman. Biasanya, tanda awal dari penyakit ini adalah munculnya kutil pada organ vital wanita yang tidak bisa dikover oleh kondom sehingga bisa menular melalui kontak antar kulit. Yang mengerikan adalah, virus HPV ini ternyata juga bisa menyerang pria.

Herpes
Ada banyak sekali jenis herpes yang bisa menyerang kita. Namun, bagi mereka yang menerapkan gaya hidup seks bebas akan sangat rentan untuk terkena herpes genital. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Meskipun sudah memakai kondom, adanya luka terbuka pada paha atas, alat kelamin, atau anus bisa memicu penularan dari penyakit ini.

Kutu kelamin
Bulu kemaluan kita bisa jadi sarang kutu yang cukup merepotkan dan memicu gatal-gatal. Jika kita berhubungan intim dengan orang yang memiliki kutu pada bulu kemaluannya yang tentu tidak bisa ditutupi oleh kondom, tetap saja kutu ini bisa menular pada kita.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak menerapkan gaya hidup seks bebas dan selalu setia pada pasangan demi mencegah kedatangan penyakit-penyakit mengerikan tersebut.