Meski Rasanya Enak, Jangan Makan Durian Jika Mengalami Kondisi Ini

doktersehat-durian-buah

DokterSehat.Com– Durian dikenal sebagai raja dari segala buah. Meskipun sebenarnya buah ini hanya bisa ditemukan di kawasan tropis, khususnya di sekitar Asia Tenggara, nama durian sudah termahsyur di seluruh dunia karena rasanya yang luar biasa dan aroma wanginya yang sangat kuat. Yang menjadi masalah adalah, tidak semua orang ternyata diperbolehkan mengkonsumsi durian, lho.

Pakar kesehatan dr. Marwa Haryono yang merupakan pakar kesehatan di bidang gizi yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa sebenarnya semua orang diperbolehkan makan durian, terkecuali bagi mereka yang menderita diabetes melitus atau mereka yang memang tidak suka makan durian.

Mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi buah yang sedang sangat mudah dicari di berbagai tempat ini? Dr. Marwa menyebutkan bahwa kandungan di dalam durian ternyata bisa saja memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh, sesuatu yang bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Apalagi jika durian dikonsumsi setelah makan nasi, maka lonjakan gula darah bisa menjadi tak terkendali dan akhirnya memicu komplikasi berbahaya.

Sebagai informasi, satu butir daging durian saja sudah bisa memberikan pengaruh besar bagi kadar gula dalam darah. Apalagi jika kita mengkonsumsi satu buah durian secara utuh. Karena alasan inilah ada baiknya setiap orang tidak sembarangan mengkonsumsi buah dengan kulit yang runcing ini.

Lantas, apakah penderita diabetes sama sekali tidak boleh mengkonsumsi durian? Dr. Marwa menyarankan mereka untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika ingin memakan durian. Jika menurut dokter boleh-boleh saja untuk dilakukan, maka penderita diabetes bisa memakannya, namun juga dengan catatan bahwa jumlah durian yang dikonsumsi sebaiknya tidak banyak demi mencegah kenaikan kadar gula dalam darah.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik