Meski Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat, Diet Air Putih Sangat Berbahaya

doktersehat-berat-turun-diet

DokterSehat.Com– Belakangan ini banyak orang yang mengadopsi diet air putih karena dianggap sangat efektif dalam menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Selain itu, konsumsi air putih diklaim bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Untuk melakukannya, kita tidak boleh mengkonsumsi apapun selain air putih selama beberapa hari yang berarti tubuh benar-benar tidak akan mengkonsumsi kalori apapun. Sayangnya, meskipun memang bisa menurunkan berat badan, banyak pakar kesehatan yang menyebut diet ini sangat berbahaya untuk dilakukan.

Karena tidak ada kalori yang masuk ke dalam tubuh, maka pelaku diet ini akan merasakan lapar yang luar biasa. Tak hanya lapar, dalam waktu 24 hingga 48 jam tubuh yang sama sekali tidak mendapatkan asupan kalori akan mengalami penurunan glikogen dengan signifikan. Hal ini akan menurunkan metabolisme dan membuat energi tubuh menurun dengan drastis.

Meskipun memang pada awalnya akan memberikan kepuasan karena berat badan menurun dengan cepat, dalam realitanya kita akan segera merasakan efek buruk berupa rasa lelah, lapar yang luar biasa, lesu, dan tidak lagi mampu berpikir. Meskipun memang kita masih minum air putih, tubuh tidak akan mendapatkan mineral dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh berbagai sistem agar berjalan dengan lancar.

Bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan hipoglikemia, diet ini sangatlah berbahaya. Bahkan, bagi mereka yang sedang dalam kondisi sehat sekalipun, menerapkan diet ini bisa membuat jatuh pingsan, ketidakteraturan denyut jantung, pusing yang luar biasa, hingga kebingungan. Bahkan, jika kita melakukan diet air putih ini dalam waktu yang lama, tubuh bisa kehilangan kemampuan untuk menurunkan berat badannya.

Jadi, kata siapa diet ini aman untuk dilakukan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik