Meski Menakutkan, Mengapa Banyak Orang yang Suka Melihat Film Horor?

DokterSehat.Com– Salah satu film yang yang cukup diminati di bioskop-bioskop tanah air adalah film horror. Tak hanya film horror lokal, film horror dari luar negeri juga cukup banyak yang menonton. Bagi sebagian orang, mereka yang suka dengan film horror adalah orang-orang yang aneh karena mereka mau menghabiskan uangnya hanya untuk ketakutan saat menontonnya. Sebenarnya, apa penyebab dari seseorang suka melihat film horror?



Memacu adrenalin
Pakar kesehatan Glenn Sparks yang berasal dari Brian Lamb School of Communication yang ada di Purdue University menyebutkan bahwa rasa takut termasuk dalam emosi negatif. Menonton film horror adalah salah satu cara untuk mengalahkan rasa takut tersebut. Yang menarik adalah, saat menontonnya, kita juga akan meningkatkan adrenalin di dalam tubuh. Cukup banyak orang yang ingin merasakan kembali sensasi peningkatan adrenalin di dalam tubuhnya sehingga akhirnya selalu tertarik dengan film horror.

Meningkatkan kepercayaan diri
Penelitian yang dilakukan oleh Sparks menemukan fakta bahwa ada beberapa orang yang mengalami peningkatan kepercayaan diri setelah menonton film horror. Setelah melalui berbagai ketakutan saat menonton film tersebut, mereka merasa memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa takut tersebut sehingga memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi berbagai situasi di dunia nyata.

Memperkuat ikatan emosi dengan pasangan
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Royal Society of Open Science menyebutkan bahwa menonton film horror bisa membangkitkan emosi yang memicu produksi hormon endorphin. Hormon ini bisa membuat ikatan emosi dengan pasangan menjadi semakin kuat. Karena alasan inilah cukup banyak pasangan yang menonton film horror bersama.

Film horror bisa membakar kalori
Penelitian yang dilakukan di University of Westminster menyebutkan bahwa menonton film horror bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh hingga 200 kalori.

Baca Juga:  Teknologi Membuat Anak Lebih Rentan Terpapar Kekerasan Virtual

Manusia memang membutuhkan rasa takut
Sejak lahir, manusia ternyata sudah disiapkan untuk memiliki rasa takut. Adanya rasa takut ini bisa membuat manusia lebih termotivasi saat situasi tertentu. Adanya film horror diyakini bisa menjadi pemuas rasa takut yang memang sudah ada dalam tubuh manusia.