Meski Kerap di Rumah, Mengapa Tumit Kaki Tetap Pecah-Pecah?

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang mengeluhkan bagian tumitnya kering dan mengalami masalah pecah-pecah. Padahal, mereka lebih sering berada di rumah saja alih-alih beraktifitas atau kerap berjalan kaki di luar rumah . Mengingat tumit kaki yang pecah-pecah bisa mengganggu penampilan, banyak orang yang penasaran dengan penyebab dari masalah ini.

doktersehat-tumit-kaki

Pakar kesehatan spesialis kulit bernama Dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK menyebutkan bahwa tidak banyak orang yang menyadari jika penyebab dari tumit pecah-pecah ini sebenarnya cukup sederhana, termasuk hanya karena berjalan tanpa alas kaki di atas lantai rumah, hal ini ternyata sudah cukup untuk membuat tumit kita pecah-pecah. Saat berjalan di atas lantai keramik tanpa alas kaki, terjadi gesekan yang ternyata membuat kulit menjadi panas dan pecah-pecah.

Melihat adanya fakta ini, jika kita tidak ingin mudah terkena tumit pecah-pecah, ada baiknya kita tetap menggunakan alas kaki di dalam rumah meskipun lantai terlihat bersih dari berbagai kotoran.

Selain karena berjalan tanpa alas kaki di dalam rumah, penyebab lain dari tumit kaki pecah-pecah adalah penggunaan sepatu yang terbuat dari bahan yang keras atau yang terlalu sempit. Jika kita kerap menggunakannya dalam waktu yang lama, lapisan pelindung kulit akan rusak dan akhirnya memicu penguapan air dari kulit. Akhirnya, kulit menjadi lebih kering, kasar, dan pecah-pecah. Penyebab lain dari tumit pecah-pecah adalah paparan deterjen atau bahan kimia lainnya karena mencuci dan hal-hal lainnya.

Demi mengatasi masalah tumit pecah-pecah, kita bisa menggunakan produk lotion khusus yang memang diperuntukkan bagi tumit. Selain itu, kita juga bisa menggunakan pelembab yang memiliki sifat oklusif seperti produk petroleum jelly murni. Produk ini disebut-sebut bisa menjaga kelembaban kulit dan memberikan perlindungan bagi kulit dengan lebih baik. Alhasil, kulit akan menjadi lebih lembab dan mencecgah penguapan air. Tak hanya tumit, bagian tubuh lain seperti siku, lutut, atau bibir juga bisa kita beri produk petroleum jelly murni ini agar terjaga kesehatan dan kecantikannya.