Meski Hujan Kerap turun, Jangan Jemur Pakaian di Dalam Rumah

DokterSehat.Com – Di puncak musim penghujan seperti sekarang ini, salah satu masalah yang kerap mengganggu pikiran kita adalah jemuran yang tak kunjung kering dan bahkan menumpuk. Banyak dari kita yang pada akhirnya memilih untuk membuat jemuran baru di dalam rumah agar semua pakaian bisa dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Meskipun terlihat cukup ampuh untuk mengatasi masalah jemuran, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan menjemur pakaian di dalam rumah, apalagi di dalam kamar, ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Seperti apakah dampak kesehatan tersebut?

doktersehat-jemuran-pakaian-laundry

Dilansir dari laman kesehatan Boldsky, diketahui bahwa kebiasaan menjemur pakaian di dalam rumah bisa memicu masalah kesehatan yang tak main-main, yakni infeksi paru-paru. Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita mengangin-anginkan pakaian di dalam ruangan, maka air dalam pakaian yang basah akan menguap bersama dengan berbagai partikel kimia yang ternyata berbahaya. Jika hal ini kerap kita lakukan, dikhawatirkan partikel kimia ini bisa memicu masalah kesehatan pada paru-paru. Salah satu infeksi paru-paru yang cukup berbahaya dan disebabkan karena kebiasaan buruk ini adalah sejenis infeksi jamur yang disebut sebagai aspergillosis paru kronis.

Selain adanya resiko besar bagi kesehatan paru-paru, pakar kesehatan menyebutkan jika saat kita menjemur pakaian basah di dalam ruangan, kelembaban di dalam rumah kita akan bisa naik hingga 30 persen dan hal ini ternyata bisa membuat ruangan kita penuh dengan jamur yang bisa memicu infeksi dalam tubuh. Selain itu, ruangan yang cenderung lembab juga memang akan kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Andai memang cucian yang basah tak kunjung kering dan menumpuk, tak ada salahnya kita mencoba untuk menggunakan jasa laundry atau pencucian yang banyak tersedia di kota. Dengan menggunakan jasa ini, kita akan lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan pakaian kering siap pakai tanpa perlu mendapatkan resiko kesehatan, khususnya bagi organ paru-paru.