Meski Enak, Jangan Berlebihan Makan Martabak

DokterSehat.Com– Martabak, baik itu martabak manis ataupun martabak telur memang memiliki rasa yang sangat enak. Kebanyakan orang sengaja mencari jajanan yang enak dikonsumsi dalam kondisi hangat ini di sore atau malam hari. Namun, tahukah anda seberapa banyak kalori yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi sepatang martabak manis atau telur ini?

martabak-doktersehat

Martabak telur
Martabak telur dikenal luas sebagai jajanan yang memiliki aroma yang gurih dan tekstur yang renyah. Martabak yang terbuat dari telur bebek atau telur ayam ini memang memiliki rasa yang sangat mantap untuk dikonsumsi bersama-sama saat santai dalam keadaan hangat. Di dalam sepotong martabak telur ini kita bisa menemukan isian berupa cincangan daging, irisan daging bawang, dan telur bebek yang memiliki kalori sebanyak 356 Kkal, protein sebanyak 8,5 gram, karbohidrat sebanyak 24,3 gram, dan lemak sebanyak 25,5 gram.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi martabak telur paling banyak 2 hingga 3 potong saja agar tidak berlebihan.

Martabak manis dengan isian cokelat
Martabak manis dengan lelehan butter memang memiliki rasa dan aroma yang sangat menggoda. Sayangnya, sepotong martabak manis dengan isian cokelat sudah memiliki 149,35 Kkal, 2,21 gram protein, 24,4 gram karbohidrat, dan 5 gram lemak. Ada baiknya kita membatasi asupan martabak ini 1 atau 2 potong saja.

Martabak manis dengan isian cokelat kacang
Salah satu jenis martabak manis paling laris ini memiliki kandungan kalori sebanyak 177,5 Kkal untuk setiap potongnya, 3,48 gram protein, 25,6 karbohidrat, dan 7,2 gram lemak. Tambahan kacang inilah yang membuat kalori martabak ini sangat tinggi.

Martabak manis dengan isian keju
Tambahan keju dan susu kental manis akan membuat satu potong martabak ini memiliki 145,5 Kkal, 4,65 gram karbohirat, 3,5 gram lemak, dan 3,8 gram protein.

Melihat tingginya kadar kalori dalam martabak yang kita konsumsi, ada baiknya kita tidak berlebihan saat memakannya demi menjaga berat badan dan kesehatan.