Meski Difabel, Surya Sahetapy Bercita-Cita Jadi Staf Presiden

DokterSehat.Com– Belakangan ini video blog atau vlog yang diposting Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Oktober 2017 sedang ramai dibicarakan netizen. Dalam video yang diambil dalam acara “Ngopi Bersama Presiden” yang diadakan Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi ditemani oleh Surya Sahetapy. Pemuda berusia 23 tahun ini adalah putra dari penyanyi Dewi Yull dan aktor Ray Sahetapy.

surya_sahetapy_doktersehat

Photo Credit: Youtube/ Presiden Joko Widodo

Dalam vlog dengan durasi 1 menit 50 detik ini, Presiden Jokowi belajar bahasa isyarat dari Surya yang merupakan seorang tunarungu. Dengan cekatan, Surya mengarahkan beberapa bahasa isyarat pada sang presiden dengan tangannya. Presiden Jokowi pun dengan serius menyimak gerakan yang dicontohkan oleh Surya yang berarti “Bapak Jokowi dan beliau cinta Indonesia.” Meskipun singkat, Jokowi mengaku senang bisa belajar Bahasa isyarat ini.

Tak hanya belajar Bahasa isyarat, Presiden Jokowi sebenarnya mengadakan pertemuan untuk membahas masalah disabilitas di Indonesia. Tak hanya membahas tentang minimnya fasilitas umum bagi para difabel, pemerintah juga sedang berusaha untuk memberikan kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sebagaimana orang-orang pada umumnya.

Dalam vlog ini, Presiden Jokowi sempat bertanya apa cita-cita Surya ke depannya. Surya pun dengan bahasa isyarat menyebutkan bahwa Ia ingin menjadi staf presiden dan mengemukakan ide untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

Mendengar cita-cita yang mulia ini, Presiden Jokowi pun tertawa dan mengucapkan terima kasih pada Surya. Ia pun berharap agar cita-cita Surya bisa tercapai karena keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk terus berkreasi.