Meski Cuaca Panas Terik, Ada Baiknya Kita Tidak Mengkonsumsi Minuman Ini

DokterSehat.Com – Apa hal yang pertama kali terpikirkan saat menghadapi cuaca yang panas dan terik? Banyak dari kita yang langsung ingin mengkonsumsi minuman yang dingin dan bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Sayangnya, banyak dari kita yang sembarangan dalam memilih minuman dingin sehingga alih-alih bisa mengatasi dehidrasi, kita justru semakin haus atau mengalami rasa tidak enak pada badan setelah mengkonsumsinya. Apa sajakah minuman-minuman tersebut?



Minuman bersoda
Minuman bersoda yang dingin memang akan terasa sangat menyegarkan tenggorokan saat dikonsumsi di hari yang terik. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi minuman ini hanya akan membuat kita mengalami dehidrasi. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Psysiological Society, disebutkan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat masalah dehidrasi menjadi semakin buruk dan bahkan bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan pada ginjal. Fakta ini didapatkan setelah melakukan percobaan dengan tikus dimana tikus tersebut justru mengalami masalah kesehatan tersebut setelah sering diberikan minuman bersoda.

Jika anda ingin merasakan minuman yang manis menyegarkan pakar kesehatan sendiri menyarankan untuk mengkonsumsi minuman yang dicampur potongan buah segar.

Teh
Teh yang dingin tentu akan memberikan kesegaran luar biasa untuk dikonsumsi di hari yang panas dan terik. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika asupan minuman berkafein layaknya teh atau kopi bisa berpengaruh buruk bagi asupan cairan tubuh. Alih-alih mengkonsumsi teh dingin, akan lebih baik untuk mengkonsumsi air putih dingin.

Minuman beralkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol di hari yang panas dan terik adalah sebuah ide yang sangat buruk mengingat minuman ini akan membuat kita lebih sering buah air kecil dan memicu dehidrasi.

Minuman berenergi
Minuman berenergi kaya akan gula yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.