Merokok di Malam Hari Bisa Memicu Dampak Mengerikan Ini

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang sudah kecanduan, merokok memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, cukup banyak perokok yang mengaku lebih bisa menikmati kebiasaannya ini saat malam hari sembari menikmati keheningan karena bisa mengatasi stress dan menenangkan pikiran. Tak disangka, kebiasaan merokok di malam hari ini ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-social-smoker-rokok

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan merokok di malam hari akan memicu masalah kurang tidur. Bahkan, kebiasaan ini bisa mengubah pola tidur seseorang sekaligus membuat tidur semakin tidak nyenyak. Banyak perokok yang mengaku Ia tidak lagi mampu tidur dengan dalam sehingga saat bangun pun mereka tidak lagi mendapatkan sensasi segar.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul Chest pada tahun 2008, disebutkan bahwa para perokok kronis cenderung menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur dalam fase ringan yang tidak nyenyak. Hal ini disebabkan oleh kadar nikotin yang terus merangsang sistem saraf. Yang menjadi masalah adalah, nikotin juga mampu menurunkan aliran darah sehingga akhirnya memicu kegelisahan dan insomnia.

Mayo Clinic juga menyebutkan bahwa para perokok cenderung meningkatkan resiko untuk terkena obstructive sleep apnea hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Selama sleep apnea ini terjadi, saluran pernafasan akan menyempit sehingga menurunkan aliran oksigen ke otak selama tertidur. Tak hanya bisa membuat seseorang mendengkur dengan sangat keras atau terbangun dengan nafas terengah-engah, sleep apnea juga bisa memicu hipertensi pulmonal, gagal jantung, hingga kematian dini.

Melihat adanya fakta ini, segeralah berhenti merokok atau jika masih dalam kondisi ingin mengurangi frekuensi merokok, jangan merokok di malam hari.