Merokok Bisa Menyebabkan Penuaan Dini Lebih Cepat

DokterSehat.Com – Kita tentu sudah terbiasa mendengar begitu banyak dampak buruk dari merokok. Merokok bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat buruk bagi penikmatnya dan juga bahkan dari orang-orang yang ada di sekitar perokok itu sendiri. Disamping penyakit-penyakit berbahaya layaknya kanker, merokok ternyata juga bisa membuat penuaan diri menjadi lebih cepat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Dengan merokok, kita mengalirkan asap rokok yang dihisap ke dalam paru-paru kita sehingga paru-paru yang membutuhkan banyak oksigen yang nantinya dialirkan dalam darah pun mengalami kondisi kekurangan oksigen, suplai oksigen yang terhambat membuat sirkulasi nutrisi yang dibutuhkan ke kulit pun menjadi semakin berkurang. Masalah ini tentu saja bisa memicu kurangnya kolagen yang menjaga kulit kita tetap segar. Kulit tubuh pun menjadi lebih mudah keriput dan tidak lagi segar. Bahkan, banyak sekali perokok yang terlihat jauh lebih kusam dan memiliki kulit yang cenderung berbintik-bintik cokelat. Sebuah penelitian pada tahun 2002 bahkan mengungkaplkan fakta bahwa jika seseorang merokok lebih dari 10 batang dalam waktu sehari saja dalam 10 tahun, maka perokok ini bisa mendapati kerutan pada kulit menjadi lebih cepat datang, bahkan andai meskipun usianya masih 20 tahun-an.

Disamping membuat kulit dan tampilan menjadi lebih tua, rokok juga bisa membuat kondisi otak semakin menurun. Rokok ternyata bisa memicu penyusutan otak sehingga fungsi otak pun semakin menurun dan kita bisa berpotensi mengalami pikun pada usia dini. Dengan kondisi yang mudah lupa ini, kita pun bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan juga menyelesaikan pekerjaan meskipun kita berada dalam masa usia yang produktif.

Dengan berbagai keburukan yang ditimbulkan rokok yang bisa menimbulkan penuaan dini ini, anda tentu harus berpikir ulang untuk masih menjadi perokok berat dalam usia muda. Disamping tampilan fisik yang bisa semakin terus memburuk, kondisi kesehatan organ dalam dan juga resiko pikun dalam usia muda tentu akan membuat kita mengalami masalah di usia yang masih muda. Jadi, masihkah anda merokok?

Baca Juga:  Awet Muda dengan Minuman Sehat