Merokok Bisa Menyebabkan Payudara Mengendur

DokterSehat.Com – Kabar buruk kembali mendatangi para wanita yang memiliki hobi merokok. Disamping memberikan gangguan kesehatan yang sangat besar bagi organ-organ tubuh dan menjadi pemicu banyak sekali penyakit berbahaya, penelitian terbaru justru menunjukkan fakta mengejutkan bahwa merokok ternyata bisa memicu pengenduran payudara. Padahal, payudara yang mengendur adalah salah satu hal yang sangat ditakuti oleh wanita karena bisa memicu berkurangnya rasa percaya diri.



Payudara memang bisa mengendur karena faktor alamiah. Tercatat, faktor semakin bertambahnya usia, adanya gangguan pada hormon, hingga berat badan yang cenderung semakin menurun menjadi penyebab utama dari mengendurnya payudara. Hanya saja, wanita yang merokok ternyata juga memiliki resiko semakin mudahnya payudara mengendur karena zat-zat racun yang dihisap bersama dengan asap rokok. Zat beracun rokok ternyata bisa membuat serat kolagen dan elastin pada payudara. Padahal, sebagaimana kita ketahui, elastin dan kolagen adalah protein yang mempengaruhi kekencangan dan keelastisan payudara.

Jika payudara pada wanita perokok sudah mengendur, akan sulit untuk membuatnya mengencang kembali. Beberapa wanita berpikir jika hanya dengan memakai payudara yang tepat, maka payudara yang kendur bisa disokong dengan baik. Namun, hal ini tidak akan mengembalikan kekenyalan payudara. Latihan yang diklaim mampu mengencangkan payudara juga masih menjadi perdebatan banyak pakar kesehatan mengingat tidak ada otot dalam payudara sehingga tentu akan sulit untuk mengencangkannya.

Untuk menghindari semakin mengendurnya payudara, wanita yang hobi merokok tentu harus segera menghentikan kebiasaan buruk ini sebelum terlambat. Selain itu, cobalah untuk tidak menjadi perokok pasif karena perokok pasif memiliki resiko kesehatan yang sama besarnya dibandingkan dengan menjadi perokok aktif. Sebisa mungkin wanita menjauhi asap rokok dan polusi udara lainnya serta mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk menjaga kekencangan payudaranya dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.