Merokok Bisa Bikin Pikun!

bahaya_rokok_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/julieeb

DokterSehat.Com– Tak hanya bisa memicu masalah kesehatan seperti kanker atau penyakit jantung, sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa merokok ternyata juga bisa menyebabkan pikun atau gangguan pada memori. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari The Sun, para peneliti menyebutkan bahwa kandungan beracun dari rokok bisa masuk ke dalam bagian otak yang mempengaruhi bagian berwarna abu-abu pada bagianĀ hippocampus otak yang terkait dengan emosi, daya ingat dan sistem saraf. Bahkan, kandungan beracun rokok ini bisa memicu gangguan daya ingat di masa sekarang dan merusak memori masa lalu.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 2.000 orang tua di Belanda ini, disebutkan bahwa mereka yang hobi merokok cenderung mengalami pembentukan kalsium pada bagian hippocampus otaknya. Hal ini bisa menghambat daya ingat dan sistem saraf dengan signifikan sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit layaknya alzheimer dan demensia.

Pemimpin penelitian, Dr. Esther de Brouwer dari University Medical Centre in Holland menyebutkan bahwa semakin tua usia seseorang, semakin banyak pembentukan kalsium di bagian hippocampus otak sehingga mempengaruhi daya memori. Hanya saja, bagi para perokok, proses pembentukan kalsium ini bisa menjadi lebih cepat. Hal yang sama juga terjadi pada penderita diabetes.

Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Radiology ini, disebutkan bahwa merokok dan menderita diabetes juga memiliki peran besar dalam meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung. Mengingat penyakit-penyakit ini sangat mematikan, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk sebisa mungkin menghindari rokok demi kesehatan tubuh.